Stok Darah PMI Blitar Kritis Sejak Pendonor Kurang

Rabu, 01 April 2020 - 15:30 WIB
Stok Darah PMI Blitar Kritis Sejak  Pendonor Kurang
Stok Darah PMI Blitar Kritis Sejak Pendonor Kurang
A A A
BLITAR - Kebijakan social distancing sebagai antisipasi penyebaran COVID-19 berdampak serius pada stok darah yang dimiliki PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Blitar. Seiring berkurangnya jumlah pendonor akibat social distancing yang berlaku sejak 16 Maret, stok darah juga menyusut hingga 50%.


"Saat ini stok darah sangat menipis, "ujar Christine Indrawaty, Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Blitar kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).


Darah golongan A yang tersedia di PMI hanya 4 kantong, golongan B sebanyak 84 kantong, O sebanyak 38 kantong, dan AB tinggal sekantong.


Jika selama ini kebutuhan rata rata 25 kantong per hari, kata Christine, stok yang dimiliki PMI hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan 5 hari ke depan.


"Kebutuhan paling banyak di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, sebanyak 300 kantong per bulannya,” terang Christine.


Untuk meningkatkan stok darah, para pendonor diimbau tetap melakukan kegiatan donornya. Mereka tetap bisa datang ke kantor PMI dengan syarat menghindari kerumunan.


Selain itu, menurut Christine, petugas PMI juga akan melakukan upaya jemput bola, yakni dengan mendatangi rumah rumah para pendonor. "Bagaimana stok darah kembali tercukupi tanpa harus terjadi kerumunan,” tandas Christine.

(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6280 seconds (0.1#10.140)