alexametrics

Pemkab Kukar Isolasi Mahasiswa yang Baru Pulang dari Daerah Terjangkit

loading...
A+ A-
KUKAR - Pemerintah Kabupaten Kutai kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, berupaya maksimal mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan mengisolasi warga berstatus Orang Dengan Pemantauan (ODP).

Jika di daerah lain diminta untuk isolasi mandiri, Pemkab Kukar menyiapkan tempat isolasi khusus bagi ODP. Selain menyiapkan asrama atlet di GOR Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Pemkab Kukar juga menyiapkan Hotel Grand Elty di pusat Kota Tenggarong.

Kepala Dinas Kesehatan Kutai Kartanegara, Martina Yulianti menjelaskan, Hotel Grand Elty disiapkan untuk pelajar dan mahasiswa yang pulang dari daerah terjangkit. Proses karantina akan dilakukan selama 14 hari.



“Bagi orang tua yang berkomitmen dan bisa isolasi secara mandiri kami persilahkan. Namun bagi yang tidak mampu, kami sediakan tempat isolasi di Grand Elty,” kata Martina, Senin (30/3/2020). (Baca juga: Cegah Corona, Ratusan Angkot dan Mobil Pribadi Disemprot Disinfektan)

Pelajar dan mahasiswa dari Kukar dan baru pulang dari daerah terjangkit, menjadi prioritas isolasi ODP. Mahasiswa yang diisolasi akan mendapatkan jadwal dan aturan yang ketat.

“Kita tempatkan petugas dan sudah menyiapkan kegiatan dari pagi sampai malam. Ada jadwal dan aturan,” katanya. (Baca juga: 1 Warga Positif COVID 19, Tulungagung Masuk Zona Merah)

Martina menegaskan, isolasi di Hotel Grand Elty hanya untuk warga berstatus tanpa gejala. Jika ada gejala, sebutnya, proses isolasinya di rumah sakit rujukan dengan penanganan dokter dan tenaga medis secara ketat.

“Ini upaya kita untuk mencegah penularan Covid-19 dan kita minta warga yang punya anak atau keluarga segera melapor jika ada yang baru pulang dari daerah terjangkit,” kata Martina yang juga menjabat Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kutai Kartanegara.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top