Lewat Video, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Akui Positif Corona

Jum'at, 27 Maret 2020 - 18:01 WIB
Lewat Video, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Akui Positif Corona
Lewat Video, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan Akui Positif Corona
A A A
MAKASSAR - Serangan virus corona (COVID-19) tak pandang bulu. Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Sulsel), Muhammad Ichsan Mustari mengaku positif terkena virus corona. Ichsan menyampaikan keterangan tersebut dalam video yang tersebar di media sosial (medsos), Jumat (27/3/2020).

Dalam video tersebut, Ichsan menjelaskan sekaligus menjawab kesimpangsiuran informasi yang beredar atas kondisi kesehatannya. Termasuk mengungkap hasil pemeriksaan laboratorium. "Pertama bahwa saya saat ini dalam keadaan sehat walafiat. Tidak demam, batuk, maupun sesak. Berdasarkan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) untuk diagnosis COVID-19 pada diri saya, hasilnya positif," katanya. (Baca juga: 1 Pekerja PLTU Batang Positif Corona, 27 Rekannya Diisolasi di Laut)

Ichsan menyebutkan bahwa dirinya ditetapkan positif meski sebelumnya tidak mengidap gejala virus corona, di antaranya seperti batuk, demam, atau sesak napas. Meski begitu, atas pertimbangan dokter dia diminta untuk isolasi mandiri di rumahnya.

Setelah positif COVID-19, dia berharap kepada keluarga, sahabat dan staf di kantornya yang pernah kontak atau berinteraksi dengan dirinya untuk tidak panik. Ichsan turut melayangkan permintaan maaf atas kasus yang dia tidak kehendaki tersebut. "Kiranya bisa melakukan physical distancing dengan orang sekitar sambil tetap berperilaku hidup bersih dan sehat. Dan di dalam masa waktu 14 hari seandainya ada timbul gejala, maka sebaiknya para sahabat keluarga untuk melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan terdekat," sarannya.

Ichsan diketahui juga diamanahkan sebagai Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel. Dia berharap, agar rekan kerja dalam tim tersebut tetap menjaga semangat. "Kita saat ini yang terdepan untuk melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Insyaallah, Allah selalu meridhoi upaya yang kita lakukan bersama. Mari berdoa kepada Allah SWT, supaya covid ini cepat berhenti khususnya di Sulsel," harapnya.

Diketahui, Ichsan Mustari masih sempat memberikan keterangan terkait perkembangan COVID-19 di Sulsel dalam konferensi pers via vicon, Kamis (26/07/2020) malam kemarin. Tiap kesempatan, dia diamanahkan menjadi terdepan melaporkan upaya penanganan virus korona di Sulsel.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2776 seconds (0.1#10.140)