1 Warga Positif COVID 19 Meninggal, Sumsel Tetapkan Siaga Darurat Corona

Selasa, 24 Maret 2020 - 17:48 WIB
1 Warga Positif COVID 19 Meninggal, Sumsel Tetapkan Siaga Darurat Corona
1 Warga Positif COVID 19 Meninggal, Sumsel Tetapkan Siaga Darurat Corona
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyatakan satu dari enam sampel spesimen Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona atau COVID-19 yang dikirimkan ke Litbangkes Kementerian Kesehatan dinyatakan positif terpapar virus corona. (Baca: Bupati Cellica Orang Pertama yang Positif Corona di Karawang)

"Dari informasi yang kita terima dari enam sampel spesimen yang kita kirim, satu diantaranya ada yang positif virus corona," ujar Deru saat konferensi pers di Kantor Gubernur, Selasa (24/03/2020) sore.
Menyikapi hal tersebut, Herman Deru juga secara resmi meningkatkan status terkait virus corona di Sumsel dari waspada menjadi siaga darurat. Hal itu sebagai upaya memaksimalkan langkah-langkah penanganan dan pencegahan penyebaran wabah tersebut oleh Satgas di Sumsel.Meski begitu, Herman Deru juga belum dapat membeberkan secara spesifik apakah sampel yang dinyatakan positif virus corona tersebut merupakan milik salah satu dari dua pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal dunia pada Senin (23/03/2020) kemarin atau bukan.
"Kemungkinkan satu diantara dua PDP yang meninggal kemarin itu positif," katanya.

Selain itu, kata Herman Deru, saat ini masih ada lima PDP lain yang masih menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang.

Kelima sampel pasien itu pun sudah diambil dan dikirimkan ke Litbangkes Jakarta. "Jadi saya tegaskan secara resmi baru satu yang dinyatakan positif terpapar virus corona," lanjutnya.

Seperti diketahui, dua PDP yang meninggal pada Senin (23/03/2020) yakni pasien laki-laki berusia 53 tahun warga Palembang beserta tenaga medis pria asal Prabumulih berusia 54 tahun.

Pasien dari Prabumulih diketahui merupakan tenaga medis yang baru saja mengunjungi Batam, meninggal pada pukul 06.15 WIB. Pasien tersebut mulai dirawat di ruang isolasi RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang sejak Kamis (19/03/2020). Sementara pasien laki-laki warga Palembang meninggal pada pukul 05.45 WIB diketahui memiliki riwayat pejalanan dari Jakarta.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7808 seconds (0.1#10.140)