Tabi Saireri Siapkan Pemekaran Provinsi

Senin, 16 Maret 2020 - 10:02 WIB
Tabi Saireri Siapkan Pemekaran Provinsi
Tabi Saireri Siapkan Pemekaran Provinsi
A A A
SENTANI - Tim kajian percepatan Daerah Otonomi Baru (DOB) Tabi Saireri terus melakukan persiapan-persiapan serta pendataan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang nantinya menjadi dukungan penuh dalam proses percepatan pemekaran DOB Tabi Sireri.

Ketua Forum Kepala Daerah Tabi, Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura mengatakan potensi SDA wilayah Tabi belum disentuh dan dikelolah hingga saat ini, sehingga potensi ini akan menjadi andalan kelak menjadi Provinsi baru.

“Kita punya kelautan yang menyediakan potensi perikanan yang luar biasa, pariwisata, mineral, sumber daya air, bahan pertambangan, hutan, dan masih banyak lagi. Tentunya ini menjadi kekuatan kami,” ujar Mathius Awoitauw saat ditemui di Sentani, Minggu (15/3/2020).

Menurut Mathius, data SDM dan SDA yang dimiliki saat ini sedang didata oleh Tim percepatan pemekaran, baik di Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom, Maberamo Raya dan Kota Jayapura.

Selain potensi SDA dan SDM yang dipersiapkan, kata Awoitauw, regulasi yang tepat juga sedang digarapa untuk mengawal potensi SDA yang dimiliki sehingga pada waktunya dapat dikelola untuk kesejahteraan masyarakat diatas potensinya SDAnya sendiri.

“Data yang ada saat ini terkait indeks pembangunan manusia masih yang tertinggi di papua, apalagi kita dorong dengan sumber daya alam yang tersedia,” katanya.

Menurutnya, yang menjadi hal utama adalah bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda saat ini. baik secara potensi SDA yang dimiliki maupun dalam sistem Pemerintahan yang baru.

“Ketika pusat industri dibangun di wilayah ini, sudah pasti akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit, dan kalau lapangan kerja tersedia maka tingkat kesejahteraan masyarakat mulai meningkat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pemekaran Tabi Saireri, Mathius, mengatakan, dukungan selruh masyarakat Tabi dan Saireri adalah bagian yang tak terpisahkan dari upaya mengawal aspirasi masyarakat untuk mewujudkan pemekaran provinsi baru di Papua.

“Semua piak harus tetap memberikan dukungan, secara pemerintahan oleh masing-masing kepala daerah kita tetap solid untuk mengawal aspirasi ini,” pungkasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6233 seconds (0.1#10.140)