UNS Fintech Center Diresmikan, Pertama di Indonesia

Kamis, 12 Maret 2020 - 15:06 WIB
UNS Fintech Center Diresmikan, Pertama di Indonesia
UNS Fintech Center Diresmikan, Pertama di Indonesia
A A A
SOLO - Center for Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret (UNS Fintech Center) diresmikan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Profesor Wimboh Santoso, Kamis (12/3/2020). UNS Fintech Center merupakan fintech center pertama di perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

"Ini merupakan upaya kami untuk bisa berkolaborasi antara OJK dan lembaga pendidikan dalam rangka memfasilitasi entrepreneur tentunya di bidang pendidikan," kata Wimboh Santoso didampingi Rektor UNS Solo Profesor Jamal Wiwoho usai peresmian. UNS Fintech Center berada di lantai dua Gedung UPT Perpustakaan UNS. (Baca juga: Rektor UNS Resmikan Pusat Penelitian Budaya Jawa-Sichuan di China)

Alasan OJK memilih UNS sebagai lokasi didirikannya Fintech Center karena memiliki kemampuan untuk mengembangkannya. Selain itu, lokasi UNS yang berada di tengah-tengah memudahkan orang untuk datang belajar tentang Fintech. "Kami rasa pebentukan Fintech di Solo sangat pas. Yang dari timur jika ingin belajar dekat, kemudian yang dari barat juga dekat sehingga kita pilih UNS," terangnya.

Bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), dirinya berharap hadirnya Fintech Center di UNS ini bisa memberikan nilai bagi anak-anak muda yang ingin menjadi entrepreneur di bidang Fintech. Sehingga semarak entrepreneur Fintech bisa ditelurkan dari UNS. "Semoga hadirnya Fintech di UNS bisa bermanfaat untuk pendidikan, masyarakat dan generasi muda," ucapnya.

Rektor UNS Solo Jamal Wiwoho menyampaikan, industri sektor jasa keuangan mengalami perkembangan yang dramatis seiring dengan perkembangan teknologi khususnya penetrasi internet dan smartphone. "Salah satunya adalah bertumbuhnya perusahaan-perusahaan keuangan berbasis teknologi (fintech) di berbagai aspek jasa keuangan baik dalam jasa pembayaran, pinjaman, dan investasi," terangnya.

Dirinya berharap hadirnya UNS Fintech Center ini bisa memberikan manfaat untuk sivitas akademika UNS dan masyarakat sekitar. "Silahkan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya hadirnya Fintech Center. Untuk jam operasionalnya lantaran berada di Gedung UPT Perpustakaan UNS sampai malam yaitu pukul 22.00 WIB. Kemudian nantinya untuk desain ruangan juga akan kami sesuaikan dengan selera anak muda sehingga tidak terlalu formal," lanjutnya.

Rektor menegaskan, hadirnya UNS Fintech Center melengkapi Pusat Unggulan Ipteks (PUI) yang dimiliki UNS. Sehingga untuk saat ini, PUI UNS terdiri dari Pusat Pengembangan Baterai Lithium di Purwosari, Javanologi dan UNS Fintech Center. Sementara setelah peresmian UNS Fintech Center, dilanjutkan dengan seminar dengan tema Fintech and the Future of Finance dengan keynote speaker Ketua Dewan Komisioner OJK.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4342 seconds (0.1#10.140)