Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Selimuti Kota Dumai

loading...
Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Selimuti Kota Dumai
Kabut Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Selimuti Kota Dumai
A+ A-
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus melanda Provinsi Riau sehingga mengakibatkan kabut asap. Kota Dumai yang merupakan daerah industri diselimuti kabut asap.

Jarak pandang di Kota Dumai yang berada di Riau pesisir juga mulai terbatas. "Kota Dumai diselimuti asap. Jarak pandang di Kota Dumai 2 kilometer," kata Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Yudhistira Mawwadah, Rabu (11/3/2020). (Baca juga: abut Asap Ganggu Aktivitas Penerbangan di Dumai)

BMKG tidak bisa memastikan apakah kabut asap di Dumai berasal dari kebakaran dari daerah tersebut atau kiriman dari kabupaten lain di Riau. Berdasarkan hasil pemantauan satelit, di Provinsi Riau saat ini terdeteksi ada 4 hots spot (titik panas).

Salah satu titik panas juga terdeteksi di Kota Dumai yang merupakan kawasan industri ekspor impor itu. Sementara 3 hotspot lainnya tersebut di Kabupaten Bengkalis, Meranti dan Rokan Hilir (Rohil).

Untuk Kabupaten Pelalawan, jarak pandang juga mulai terganggu. Pihak BMKG menyebut di Kabupaten Pelalawan dengan kondisi udara kabur dengan jarak pandang 5 kilometer.

"Untuk di Dumai nya sendiri memang ada terpantau titik panas (hotspot). Namun saat ini masih belum bisa mendeteksi sumber asap nya secara pasti,karena citra sebaran asapnya belum update," katanya.

(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top