Kabut Asap Mulai Selimuti Palembang dan Banyuasin

Kamis, 12 Agustus 2021 - 08:17 WIB
loading...
Kabut Asap Mulai Selimuti Palembang dan Banyuasin
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai menyelimuti sejumlah wilayah di Sumatera Selatan, salah satunya di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin. Foto iNews TV/M Reza P
A A A
PALEMBANG - Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai menyelimuti sejumlah wilayah di Sumatera Selatan, salah satunya di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin . Pantauan Kamis pagi (12/8/2021) di Jalan Selatan Lebak Murni perbatasan Kabupaten Banyuasin dan Kota Palembang mulai diselimuti kabut asap .

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumsel menyebutkan memasuki musim kemarau bulan Agustus sekitar 90 hektare lahan gambut di sejumlah daerah rawan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi beberapa pekan terakhir.



Petugas BPBD Sumatera Selatan didukung Satgas Gabungan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dalam beberapa pekan terakhir berupaya meningkatkan patroli untuk mencegah terjadinya karhutla yang dapat menyebabkan bencana kabut asap.

Rahmad warga Sungai Rebo, Kecamatan Banyuasin I menyebutkan, kabut asap sudah terjadi satu minggu terakhir. "Memang belum terlihat begitu tebal karena jarak pandang masih cukup terlihat jelas saat para pengendara melintasi jalan penghubung Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin," kata Rahmad.



Namun meski jarak pandang masih cukup terjangkau tapi udara bau bekas kebakaran lahan sangat terasa menyengat. "Kita terganggu dengan bau bekas kebakaran lahan yang sangat menyengat. Kita minta pemerintah menyetop pembakaran lahan baik yang dilakukan masyarakat maupun perusahaan," tandas dia.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.3040 seconds (0.1#10.140)