Sinergi Pemkab Morowali dan RAPI untuk Penanggulangan Bencana

Selasa, 10 Maret 2020 - 09:29 WIB
Sinergi Pemkab Morowali dan RAPI untuk Penanggulangan Bencana
Sinergi Pemkab Morowali dan RAPI untuk Penanggulangan Bencana
A A A
BUNGKU - Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 23 Provinsi Sulawesi Tengah, mengukuhkan dan melantik pengurus RAPI wilayah 2305 Kabupaten Morowali periode 2020-2024.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan kode etik RAPI, pengucapan naskah sumpah dan ikrar pelantikan. Penyerahan petaka dilakukan oleh Ketua RAPI 23 Sulteng Abdul Raaf Malik kepada ketua terpilih RAPI wilayah 2305, Zainal Abidin bertempat di Aula Wisata Laut Kelurahan Tofoiso, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sabtu (7/3/2020) disaksikan langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Jafar Hamid.

Ketua RAPI 23 Sulteng, Abdul Raaf Malik dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran Bupati Morowali yang diwakili oleh sekertaris daerah Kabupaten Morowali, Jafar Hamid merupakan wujud kepedulian dan rasa kebersaman terhadap organiasi nirlaba yang beranggotakan pengguna perangkat radio komunikasi.

Dalam sambutan, Bupati Morowali menyambut baik kegiatan tersebut serta memberikan penghargaan dan ucapan selamat kepada para pengurus yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. Juga mengucapkan ucapan terima kasih kepada RAPI Sulawesi Tengah yang telah membentuk sebuah organiasi RAPI di Kabupten Morowali periode 2020-2024.

Pemda sangat mengpresiasi kegiatan ini dan berharap dengan terbentuknya organiasi RAPI, akan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam hal pelaksanan tugas-tugas kemasyarakatan dan pembangunan dengan baik.

“Perlu saya informasikan bahwa pemda sedang merancang tim penanggulangan bencana salah satunya ada keterkaitan dengan RAPI di dalamnya. Mudah-mudahan ini bisa bersinergi dengan perngurus RAPI yang baru saja dikukuhkan tadi. Kita tahu bahwa daerah kita ini rawan terhadap bencana, beberapa waktu lalu terjadi bencana banjir bandang di Desa Dampala Kecamatan Bungku Timur, hanya saja waktu itu organiasi RAPI belum terlalu rapi maka tidak kelihatan. Sehingga dengan pengukuhan hari ini, semoga organisasi RAPI akan terlihat rapi," ujar Bupati.

Selain itu Bupati juga berharap agar organisai ini dapat membantu masyarakat yang berada di pulau khusunya di Kecamatan Menui Kepulauan, agar mengaktifkan kembali RAPI ini di pulau-pulau. Karena jika mengharapkn signal yang ada maka belum juga efektif, sehingga dengan adanya RAPI di pulau, mungkin komunikasi yang tadinya terhambat oleh jaringan, bisa menjadi lancar dan efektif sesuai yang diharapkan masyarakat.

Disamping itu dalam konteks pembangunan, RAPI akan memberikan konstirbusi yang besar terhadap pembangunan Kabupaten Morowali. "Jadi sinegritas antara pengurus RAPI yang baru saja dikukuhkan dengan pemda selalu berjalan dengan maksimal. Semoga nanti semua hal-hal termasuk emergency cepat dapat diatasi,” tuturnya.

Jafar Hamid juga mengingatkan kepada organiasi RAPI wilayah 2305 Kabupaten Morowali agar nantinya terlibat dalam menyukseskan pelaksanan Pilkada Tahun 2020 mendatang. Sehingga perhelatan politik yang akan digelar dapat berjalan dengan efektif dan baik.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs, H. Jafar Hamid MM, Dandim 1311/Morowali, Lektol. Inf. Raden Yoga Raharja, SE, MM, Ketua RAPI 23 Sulteng, Abdul Raaf Malik, Forkompimda, Ketua dan anggota pengurus RAPI wilayah 2305 Kab. Morowali. (octaviana)
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8165 seconds (0.1#10.140)