Mulyadi Usul Nagari Percontohan Untuk Tingkatkan Peran Tigo Tungku Sajarangan

Selasa, 10 Maret 2020 - 01:40 WIB
Mulyadi Usul Nagari Percontohan Untuk Tingkatkan Peran Tigo Tungku Sajarangan
Mulyadi Usul Nagari Percontohan Untuk Tingkatkan Peran Tigo Tungku Sajarangan
A A A
PADANG - Anggota DPR RI Mulyadi mengusulkan untuk membuat desa atau nagari percontohan di Sumatera Barat (Sumbar) untuk meningkatkan peran dari Tigo Tungku Sajarangan yang terdiri dari pemangku adat atau niniak mamak, candiak pandai dan alim ulama. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan peran setiap elemen masyarakat.

"Dari hasil evaluasi tersebut kita lihat sampai sejauh mana Tigo Tungku Sajarangan berperan dalam mewujudkan Sumbar maju, nanti akan terlihat dari nagari percontohan di setiap kabupaten kota tersebut," ungkap Mulyadi. (Baca: Milenial Padang: Pak Mulyadi Selalu Perhatikan Aspirasi Masyarakat)

Tak hanya itu, Calon Gubernur (Cagub) Sumbar Mulyadi sangat mendukung adanya rencana Forum Minang Maimbau bekerjasama dengan Mahkamah Adat Alam Minangkabau (MAAM) untuk mengadakan seminar yang akan dihadiri oleh Wali Nagari, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Pemuda dan perantau.

“Forum yang lebih kongkrit ini kiranya dapat menghasilkan konsep penataan Pemerintahan Nagari kita depannya, supaya semua elemen di nagari benar-benar difungsikan,” kata dia.

Calon pemimpin yang dikenal cerdas itu juga menyampaikan kepemimpinan para pemangku adat Minang dan agama harus diterapkan secara jelas. Pasalnya, dia melihat kepemimpinan tersebut sangat memiliki potensi untuk menjadikan Sumbar semakin sejahtera di masa mendatang.

"Tungku Tigo Sajarangan menjadi ikon nagari di Minang, mari kita kawal bersama supaya teraplikasi dengan baik di seluruh nagari Sumbar, sehingga masalah sosial dan ekonomi yang terjadi dapat diselesaikan di tingkat nagari. Inilah tugas pemimpin ke depan," ujar Mulyadi.

Maka dari itu, Kandidat Gubernur Sumbar Mulyadi berkomitmen untuk melibatkan setiap elemen masyarakat seperti para pemangku adat atau niniak mamak, bundo kanduang, ulama dan pemuda di setiap nagari yang ada untuk mewujudkan Sumbar maju, berkah dan sejahtera. Tentunya setelah hasil evaluasi daerah percontohan kepemimpinan elemen masyarajat keluar

"Tigo tungku sajarangan yang terdiri dari niniak mamak, cadiak pandai dan alim ulama kemudian bundo kanduang serta pemuda harus diberi peran jelas dalam Pemerintahan Nagari ke depan agar Sumbar semakin maju," tutur Mulyadi.

“Orang hebat di nagari di Sumbar ini tidak sekadar simbol dan pajangan saja. Seluruh elemen ini memiliki potensi yang besar dalam upaya memajukan nagari," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7282 seconds (0.1#10.140)