Basarnas Jateng Kirim Ahli Selam Bantu Evakuasi Korban Susur Sungai di Sleman

Sabtu, 22 Februari 2020 - 11:12 WIB
Basarnas Jateng Kirim Ahli Selam Bantu Evakuasi Korban Susur Sungai di Sleman
Basarnas Jateng Kirim Ahli Selam Bantu Evakuasi Korban Susur Sungai di Sleman
A A A
SEMARANG - Proses pencarian korban susur sungai yang menimpa siswa SMPN 1 Turi Sleman terus dilakukan. Sebanyak 7 pelajar dilaporkan meninggal dunia dan tiga orang lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

Humas Basarnas Jateng, Zulhawary Agustianto mengatakan langsung membentuk tim setelah berkoordinasi dengan Basarnas DIY. Mereka terdiri 8 personel termasuk ahli selam. Tim juga dilengkapi peralatan SAR air. (Baca juga: Sultan HB X Minta Sekolah Bertanggung Jawab Atas Tragedi Siswa SMPN 1 Turi )

"Kita kirim 8 personel ke lokasi untuk membantu pencarian sekaligus evakuasi korban," ujar Zulhawary, Sabtu (22/2/2020).

"Begitu mendapatkan informasi kejadian nahas itu lalu koordinasi dengan Basarnas di sana. Baru kemudian kita kirim personel sekira jam 7 malam (Jumat 21 Februari)," sambungnya.

Menurutnya, petugas yang dikirim akan bertugas hingga proses pencarian selesai. Petugas juga telah memetakan lokasi kejadian termasuk memahami karakteristik arus sungai agar memudahkan pencarian.

"Cuma 1 (personel ahli selam), karena pencarian sifatnya penyisiran, melihat tipikal sungai yang dangkal," terang dia.

Sekadar diketahui, kegiatan susur sungai diikuti 249 pelajar yang terdiri Kelas 7 sebanyak 124 siswa dan Kelas 8 125 siswa. Saat menyusuri sungai, rombongan pelajar ini mendadak diterjang arus air yang sangat deras. (Baca juga: Polisi Akan Periksa Pihak Bertanggung Jawab Kegiatan Susur Sungai SMPN 1 Turi )

Berdasarkan informasi TRC BPBD DIY pukul 04.20 WIB, terdapat 7 korban meninggal dunia. Tiga pelajar belum ditemukan dan 23 pelajar lainnya menderita luka-luka. Sebanyak 21 korban luka menjalani rawat jalan dan dua pelajar dirawat di Puskesmas Turi.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7179 seconds (0.1#10.140)