Lahat, Kota Wisata dengan Sejuta Megalit

Senin, 03 Februari 2020 - 05:00 WIB
Lahat, Kota Wisata dengan Sejuta Megalit
Lahat, Kota Wisata dengan Sejuta Megalit
A A A
Lahat sejak dulu dikenal sebagai surganya Megalit karena memiliki sekitar 1.027 peninggalan megalitik yang tersebar di 41 situs di seluruh Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Atas catatan itu, pada tahun 2012 Kabupaten Lahat sebagai kabupaten tertua di Sumsel diganjar rekor Museum Dunia Rekor Indonesia (MURI) sebagai daerah dengan peninggalan megalitik paling banyak di seluruh Indonesia.
Lahat, Kota Wisata dengan Sejuta Megalit

Adapun situs megalit yang besar di Lahat di antaranya Rumah Batu, Si Pahit lidah. Megalit seperti pantun misalnya menggendong anak, orang yang sedang memangku gajah atau batu dengan ukuran besar.

Batu Macan misalnya, merupakan simbol penjaga (terhadap perzinaan dan pertumpahan darah) dari empat daerah, yaitu Pagar Gunung, Gumay Ulu dan Gumay Lembah serta Gumay Talang.

Kebanyakan megalit di Lahat ukurannya hampir sebesar rumah yang lokasinya tersebar di Kabupaten Lahat dan berdekatan. Umurnya sudah sangat tua, sekitar ribuan tahun yang lalu.

Mario Andromartik, selaku Ketua komunitas Panoramic of Lahat menuturkan, Lahat memang banyak memiliki begitu banyak megalit yang umurnya sudah 2.000-3.000 tahun dan itu peninggalan budaya yang sudah sangat lama.

Megalit merupakan artefak Indonesia dan peninggalan yang harus dilestarikan. Namun demikian, semua megalit di Lahat di bawah pengawasan Balai Konservasi yang ada di Provinsi Jambi.

Lahat hanya memiliki megalit, tapi pengelolaan utama ada di balai konservasi tersebut. Namun pengamanan dan penjagaan pun dikembalikan di Pemerintah Kabupaten Lahat.

Adapun transportasi menuju Lahat ada beberapa alternatif yang bisa menggunakan seperti pesawat dari Kota Palembang atau langsung dari Jakarta.

Penerbangan dari Palembang ke Lahat memang butuh waktu 4 jam. Ada lagi alternatif melewati Kabupaten tetangga kita Lubuklinggau, dari Linggau ke Lahat hanya menempuh waktu 2 jam penerbangan.

Alternatif lainnya lewat Bandara Atungbungsu di Pagaralam yang hanya menempuh waktu 20 menit ke Lahat.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6477 seconds (0.1#10.140)