Hebat, Prajurit TNI AL Rakit Tank Mini Bisa Ledakkan Granat Gagal Meledak

Kamis, 23 Januari 2020 - 13:11 WIB
Hebat, Prajurit TNI AL Rakit Tank Mini Bisa Ledakkan Granat Gagal Meledak
Hebat, Prajurit TNI AL Rakit Tank Mini Bisa Ledakkan Granat Gagal Meledak
A A A
SURABAYA - Tiga prajurit TNI Angkatan Laut berhasil merakit tank mini yang bisa mengantar detonator dari jarak jauh ke lokasi granat yang gagal meledak. Ketiga prajurit itu adalah Serka Mess Muhammad Umar Dhani, Serka Mess Lukman Arif, dan Serka Mess Feriady.

Serka Mess Muhammad Umar Dhani mengatakan, selama ini untuk meledakkan granat yang tidak meledak di lokasi latihan instruktur masih menggunakan body armor dengan gala sebagai peletak detonator. Tentu, hal itu sarat dengan resiko yang dapat merugikan personel, termasuk kematian.

"Alat ini untuk membantu kinerja instruktur di lapangan latihan lempar granat yang selama ini ada lemahnya faktor SOP," terang Serka Mess Muhammad Umar Dhani kepada SINDOnews.com

Jika ada granat yang tidak meledak, operator cukup menggunakan remote control untuk mengendalikan pergerakan. Tank mini karya lulusan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) akan bermanuver maju, mundur, kanan dan kiri sesuai perintah.

Selain rawa, pada jarak tempuh hingga 160 meter tanpa penghalang gedung masih bisa dilewati oleh tank tersebut.

Umar Dhani mengungkapkan, dibutuhkan waktu selama 4 bulan untuk merakit dari awal sampai jadi tank otomatis. Hanya saja, timnya masih kesulitan mencari spare part karena muatan lokalnya terlalu sedikit dan harus membeli sparpart dari luar negeri.

"Kami berharap ke depan untuk perlatan-peralatan elektronik atau yang berkaitan dengan kendali, bangsa Indonesia bisa membuat sendiri," ucapnya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5701 seconds (0.1#10.140)