97 Taruna-Taruni Angkatan Laut Lulus Pendidikan di AAL

Jum'at, 26 Juni 2020 - 07:20 WIB
loading...
97 Taruna-Taruni Angkatan Laut Lulus Pendidikan di AAL
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, memimpin Upacara Tupdik dan Wisuda Taruna-taruni Angkatan ke-65 di Gedung Maspardi AAL, Surabaya, Kamis (25/06/2020). Foto: SINDONews/Ali Masduki
A A A
SURABAYA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, memimpin Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) dan Wisuda Sarjana 87 Taruna dan 10 Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL), Angkatan ke-65 tahun 2020, di Gedung Maspardi AAL, Bumimoro, Moro Krembangan, Surabaya , Kamis (25/06/2020).

Upacara penutupan pendidikan (Tupdik) ditandai dengan pengalungan samir (kalung wisuda) kepada para wisudawan oleh KSAL. Sementara itu, penyerahan ijazah tanda lulus kepada para Taruna oleh Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto.

Laksamana TNI Yudo Margono, mengatakan para Taruna-Taruni yang mengikuti penutupan pendidikan merupakan para Taruna yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan digembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun di Kampus AAL, Bumimoro, Surabaya.

"Harapan kita mereka menjadi prajurit-prajurit profesional yang mampu mengawaki kapal perang, mengawaki pasukan Marinir, sehingga mereka begitu lulus selama 4 tahun ini sudah siap pakai untuk mengawaki organisasi Angkatan Laut," katanya di AAL Surabaya.

Dengan berakhirnya pendidikan di Lembaga Pendidikan AAL, maka ke-97 alumni D4 (setara S1) berhak menyandang gelar Sarjana Terapan Pertahanan dengan lima Program Pendidikan.(Baca juga : Dankormar Panen Ikan di Kolam Markas Brigif 2 Marinir )

Di antaranya Korps Pelaut dengan Program Pendidikan (Prodik) Manajemen Pertahanan Matra Laut, Korps Teknik dengan Prodik Teknik Mesin Kapal Perang, Korps Elektro dengan Prodik Teknik Elektronika Kapal Perang. Kemudian Korps Suplai dengan Prodik Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, serta Korps Marinir dengan Prodik Manajemen Pertahanan Matra Laut dan Aspek Darat.

Para Taruna/Taruni AAL yang dinyatakan lulus tersebut terdiri dari 39 orang Korps Pelaut, 14 orang Korps Teknik, 15 orang Korps Elektronika, 9 orang Korps Suplai, dan 20 orang Korps Marinir.

Kasal menjelaskan, di masa Pandemi Covid-19, upacara pelantikan Prasetya Perwira (Praspa) sebagi penanda proses lahirnya seorang perwira remaja berpangkat Letnan Dua (Letda) akan dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Juli 2020. "Nanti akan dipimpin langsung sebagai Inspektur Upacara Presiden RI Ir H Joko Widodo di Istana Negara," ujarnya.

Pada momen tersebut, masing-masing angkatan akan mengirimkan dua orang perwakilan penerima Adhi Makayasa dan perwakilan penyumpahan dari Taruna Akademi Militer (Akmil), Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU), dan Taruna Akademi Kepolisian (Akpol).
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)