Kolaborasi Pemkab Belitung dan Gojek Bekali Mitra Driver Jadi Duta Wisata

Rabu, 22 Januari 2020 - 06:02 WIB
Kolaborasi Pemkab Belitung dan Gojek Bekali Mitra Driver Jadi Duta Wisata
Kolaborasi Pemkab Belitung dan Gojek Bekali Mitra Driver Jadi Duta Wisata
A A A
TANJUNG PANDAN - Meneruskan Program Gojek Wisata Belitung yang telah diluncurkan bulan Oktober tahun 2019 lalu, Gojek dan Pemerintah Kabupaten Belitung meluncurkan program pelatihan bagi mitra driver Gojek untuk menjadi Duta Wisata lokal.
Kolaborasi Pemkab Belitung dan Gojek Bekali Mitra Driver Jadi Duta Wisata

Berbekal kesepahaman dalam membangun sektor pariwisata Belitung yang sangat potensial, kedua belah pihak sepakat bahwa keberadaan mitra driver bisa menjadi ujung tombak dalam mengenalkan berbagai obyek wisata di Belitung kepada wisatawan, baik domestik maupun yang berasal mancanegara.

Bupati Belitung H Sahani Saleh yang diwakili oleh Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengungkapkan harapannya kepada program pelatihan yang dilabeli Gojek Wisata Belitung ini.

“Kami yakin, program ini merupakan inisiatif positif bagi Pemkab Belting maupun Gojek. Khusus bagi Gojek, hal ini menunjukkan komitmen perusahaan teknologi kebanggaan kita bersama dalam mendukung sektor pariwisata dari sisi transportasi. Kita sadari bersama, transportasi menjadi salah satu penunjang utama kemajuan sektor pariwisata sebuah daerah. Karena dari situ wisatawan akan mendapat kemudahan dalam mengakses lokasi-lokasi wisata dengan mudah, murah dan nyaman. Apalagi kita melihat sendiri bahwa saat ini keberadaan Gojek sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia dan terpercaya dalam memberikan pelayanan terbaiknya,” tuturnya dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (22/1/2020).

Ia juga mengapresiasi keberadaan Gojek dan mitra driver yang berkomitmen untuk ikut serta memajukan Belitung.

Untuk bisa memberikan materi yang komprehensif dan tepat guna, Pemkab Belitung mempercayakan pelatihan disampaikan Yudianto Evan Setiawan selaku pengelola Belitong Geopark Information Center.

Materi yang disampaikan di antaranya destinasi wisata yang ada di Belitung; informasi geodiversity, biodiversity, dan cultural diversity di Geopark Belitung; hingga experience tourism di Belitung.

“Dengan predikat Belitung sebagai salah satu dari “Sepuluh Bali Baru" dan juga Geopark Belitong yang sedang diperjuangkan untuk mendapatkan pengakuan sebagai UNESCO Global Geopark, tentu banyak objek wisata dan geosite-geosite yang perlu kita kenalkan kepada wisatawan. Hal inilah yang juga kami bekali kepada mitra driver Gojek," kata Yudianto.

Menurut dia, dengan keberadaan mereka yang seringkali berinteraksi dengan wisatawan, tentunya para mitra juga menjadi sumber informasi terhadap ekosistem wisata, tak hanya di Belitung tetapi juga Belitung Timur.

"Kami juga membekali bagaimana mitra driver bisa menjadi seorang pemandu wisata yang ramah, informatif, dan punya semangat untuk membangun Belitung melalui potensi wisatanya,” ungkap Yudianto.

Komitmen positif Gojek dalam kesempatan yang potensial ini bukan tanpa alasan. “Visi untuk turut berkontribusi memajukan pariwisata Belitung telah kami jaga sejak pertama kali mengaspal di Belitung tahun 2017 lalu. Tentunya komitmen menjadi hal berikutnya yang harus kami berikan untuk mewujudkan visi tersebut. Salah satunya dengan mendorong mitra driver kami menjadi motor melalui peran terbaru mereka sebagai duta wisata bagi Kabupaten Belitung. Kami percaya ada ilmu yang sia-sia. Melalui pelatihan ini pula, mitra driver kami akan memiliki keterampilan yang penting untuk bisa membuat mereka lebih berdaya dan produktif sebagai individu,” jelas Vice President GOJEK untuk wilayah Sumbagsel, Erika Agustine.

Menurut Erika, tak lengkap kiranya tanpa mendengarkan harapan dari salah satu mitra peserta pelatihan.

Salah satunya Syawal (25 tahun), mitra GoRide asal Belitung yang sangat bersemangat menjalani sesi pelatihan ini. “Saya pikir ini adalah sebuah kepercayaan besar bagi kami para mitra Gojek. Kami yakin mampu memberikan kontribusi terbaik, apalagi setelah mendapatkan pembekalan dari Pemkab Belitung. Kami semakin bersemangat untuk bisa segera berinteraksi dengan wisatawan dan menunjukkan berbagai obyek wisata luar biasa di kampung halaman kami tercinta ini,” ujar Syawal.

Di waktu senggangnya, anak bungsu dari 6 bersaudara ini juga sering memandu turis ke tempat-tempat wisata di Belitung.

Program pelatihan ini akan menjadi program tetap dan berkelanjutan antara Gojek dengan Pemkab Belitung dan akan diselenggarakan dua kali dalam satu bulan.

Peserta yang merupakan mitra driver Gojek juga akan mendapat kesempatan bergiliran mengikuti pelatihan ini untuk manfaat dari pelatihan ini dan memperbanyak duta-duta wisata andalan bagi Belitung ke depannya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8037 seconds (0.1#10.140)