Antisipasi Banjir, Forkopimcam Sungai Keruh Gotong Royong Bersihkan Sungai

Jum'at, 10 Januari 2020 - 15:07 WIB
Antisipasi Banjir, Forkopimcam Sungai Keruh Gotong Royong Bersihkan Sungai
Antisipasi Banjir, Forkopimcam Sungai Keruh Gotong Royong Bersihkan Sungai
A A A
SEKAYU - Mengantisipasi banjir, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kabupaten Musi Banyusin, membersihkan Sungai Tepakan di Desa Tebing Bulang, Jumat (10/1/20). Ini merupakan upaya agar debit air tidak tersumbat. Bersih-bersih sungai dilakukan secara gotong-royong oleh masyarakat.

Sejumlah masyarakat dan unsur pemerintah kecamatan serta jajaran kepolisian dari Mapolsek Sungai Keruh turun langsung ke Sungai Tepakan yang membelah Desa Tebing Bulang. Satu persatu masyarakat bergotong-royong membersihkan rumput dan sampah yang berada di Desa Tepakan.

Camat Sungai Keruh M Imron mengatakan, gotong-royong yang dilaksanakan merupakan inisiatif bersama Pemerintah Kecamatan Sungai Keruh, Polsek Sungai Keruh, Pemerintah Desa Tebung Bulang, Korwil DLH Kecamatan Sungai Keruh, dan UPTD Puskemas Tebing Bukang. Dalam upaya mengantisipasi bencana banjir pada musim penghujan saat ini.

"Ya, gotong-royong yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dari edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan nomor:360/131/SJ terkait kesiap siagaan dalam mengantisipasi bencana banjir. Selain itu beberapa waktu yang lalu dilakukan rapat staf Pemkab Muba mengenai kesiapan menghadapi bencana,” kata Imron, disela kegiatan gotong-royong di Desa Tebing Bulang.

Pembersihan Sungai Tepakan yang dilakukan agar bila terjadinya banjir air tidak terlalu naik ke badan jalan. Dahulu jika hujan deras debit air naik sampai kebadan jalan, namun beberapa tahun ini kondisi tersebut tidak mengulang setelah adanya normalisasi.

"Kecamatan Sungai Keruh ini berbentuk Liter U artinya dikelilingi sungai, apalagi Desa Tebing Bulang seperti dulang air yang artinya air yang terus mengulang. Setelah dilakukan pembersihan ini diharapkan air tidak menyebrang ke jalan Provinsi, ada tiga desa yang rawan banjir Desa Sungai Dua, Desa Tebing Bulang, dan Desa Kerta Jaya," ungkapnya.

Budaya gotong-royong yang dilakukan pihaknya agar rasa menjaga kondisi lingkungan sekitar terus terjaga. “Ini merupakan salah satu cara dalam memperat tali silaruhrahmi antar sesama masyarakat, diharapkan kedepanya budaya gotong-royong ini terus terjaga antar masyatakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Sungai Keruh IPTU Darmawan, menambahkan pihaknya turut langsung membantu kegiatan gotong royong bersama personil Mapolsek Sungai Keruh. Selain itu, kegiatan yang dilakukan pihaknya menindaklanjuti instruksi Kapolres Muba terkait potensi bencana banjir.

"Sesuai intruksi Pak Kapolres Muba terkait kesiap siagaan menghadapi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor serta yang lainnya. Kita menerjunkan seluruh personil Mapolsek Sungai Keruh, seluruh personil minta terus memonitor debit air apabila diketahui dapat kita antisipasi dan bekerja sama dengan instansi terkait," ungkapnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7091 seconds (0.1#10.140)