Begini Cara Pemkab Klungkung Atasi Sampah

Senin, 23 Desember 2019 - 15:07 WIB
Begini Cara Pemkab Klungkung Atasi Sampah
Begini Cara Pemkab Klungkung Atasi Sampah
A A A
SEMARAPURA - Pemerintah Kabupaten Klungkung kembali melaksanakan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik. Mewakili Bupati Klungkung, kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Klungkung Made Kasta di lapangan Bina Karya Desa Kamasan, Jumat (20/12/2019).

Dalam sambutan yang dibacakan Wabup Made Kasta mengatakan, Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini sangat efektif untuk membersihkan lingkungan dari sampah plastik dan juga sekaligus sebagai media untuk sosialisasi pelarangan penggunaan plastik sekali pakai (PSP) kepada pedagang dan konsumen pasar.

Plastik sekali pakai (psp) yang dimaksud antara lain kantong plastik, polysterina (styrofoam) dan sedotan plastik, sebagaimana amanat Pergub Provinsi Bali nomor 97 tahun 2018. “ Melalui kegiatan ini kita menyampaikan kepada para pedagang di pasar, maupun di warung-warung di pinggir jalan agar tidak lagi menyediakan plastik sekali pakai. Begitu juga kepada para pembeli/konsumen agar tidak lagi menggunakan plastik sekali pakai, dan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan dapat dipergunakan berkali-kali,”ujar Wabup Kasta.

Terkait pengurangan sampah di sumber, pemerintah Kabupaten Klungkung juga sudah mengupayakan melalui inovasi “Bang Daus” (lubang daur ulang sampah) yang mengolah sampah organic di sumber penghasil sampah menjadi kompos.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan A.A. Kirana dalam laporannya mengatakan aksi perburuan sampah plastik kali ini menyasar pasar Desa Kamasan, Pasar Swecapura Gelgel, sekitar lapangan Bina Karya Kamasan dan sekitar GOR Swecapura.

Selain itu perburuan sampah plastik juga dilaksanakan serentak diseluruh wilayah kabupaten Klungkung termasuk juga Kecamatan Nusa Penida. Sampah plastik yang berhasil dikumpulkan sebanyak 147Kg. Selanjutnya sampah dikirim ke TPA setempat.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5187 seconds (0.1#10.140)