Anggota Brimob Tewas Dianiaya Sekelompok Warga di Yahukimo

Rabu, 18 Desember 2019 - 20:16 WIB
Anggota Brimob Tewas Dianiaya Sekelompok Warga di Yahukimo
Anggota Brimob Tewas Dianiaya Sekelompok Warga di Yahukimo
A A A
JAYAPURA - Brigpol Hendra Saut Sibarani anggota Brimob Polda Riau BKO Polres Yahukimo tewas dianiaya sekelompok warga di Yahukimo, Rabu (18/12/2019) sekitar pukul 11.23 WIT. Nyawa bintara Polri ini tak tertolong karena luka akibat pengeroyokan yang dilakukan sekelompok masyarakat. (Baca:3 Calon Brimob Watukosek Tewas Tersambar Petir saat Latihan)

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyatakan, peristiwa tersebut bermula saat anggota yang melaksanakan piket penjagaan di Mapolres Yahukimo sedang menyelesaikan masalah kesalahpahaman antara Camat Distrik Lolat dengan masyarakat Lolat (pak guru).

Lalu, kata dia, sekitar pukul 11.27 WIT saat penyelesaian sedang berjalan ada salah satu anggota masyarakat buang air kecil di samping penjagaan Mapolres Yahukimo. Tapi kemudian ditegur salah satu anggota penjagaan atas nama Bernard Jek namun dibalas oleh pemuda tersebut dengan memaki anggota jaga dengan kata-kata kasar.

"Selanjutnya terjadi pertengkaran mulut antara anggota penjagaan dan masyarakat tersebut, kemudian salah satu warga memanggil masyarakat lainnya yang ada di sekitar penjagaan dan yang dipinggir jalan langsung menyerang penjagaan Mapolres Yahukimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (18/12/2019).

Kemudian anggota penjagaan berusaha untuk menenangkan sekelompok masyarakat tersebut, namun massa tetap bersikap brutal dan memukul KA SPKT Bripka Toniwi Pareme serta melempari anggota yang lain dengan menggunakan batu.

Menurut dia, setelah kejadian tersebut, anggota yang berada di Mapolres Yahukimo langsung menuju Penjagaan SPKT untuk melerai warga yang ribut tersebut dan seketika itu anggota langsung menyuruh masyarakat untuk pulang kembali menuju rumah masing-masing.

Setelah kejadian tersebut, kata dia, anggota berusaha mencari pelaku yang telah memukul dan melempari anggota. Namun anggota Polres Yahukimo yang melakukan pencarian, mendapat serangan dari masyarakat yang berada di seputaran Pasar Lama dan seketika itu anggota langsung mengeluarkan tembakan peringatan ke udara.

"Sekelompok masyarakat yang tidak terima dengan kejadian tersebut langsung melakukan tindakan kekerasan secara membabi buta kepada warga yang berada di Jalan Jalur 1 Pemukiman dan juga melakukan pembakaran dua (2) unit kendaraan yang sedang lewat di jalan seputaran Kompleks Ruko Blok B," timpalnya.

Lalu sekitar pukul 12.30 WIT personel Brimob Polda Riau Brigadir Hendra Saut Sibarani yang saat itu sedang melewati Pemukiman Jalur 1 hendak ke arah Pos Brimob dianiaya oleh sekelompok masyarakat di depan Toko Cahaya Yahukimo.

Pukul 12.35 WIT, anggota yang berada di lokasi, langsung membubarkan masyarakat yang berada di seputaran Perempatan Pasar Baru. Pukul 12.50 WIT, tempat anggota Brimob Polda Riau yang mengalami pengeroyokan kemudian di bawa ke RSUD Dekai dengan menggunakan mobil Patroli Polsek Kota untuk mendapatkan pertolongan dari pihak medis.

Namun, lanjut dia, saat diperiksa di RSUD Dekai bahwa Brigpol Hendra Saut Sibarani dinyatakan meninggal Dunia oleh pihak RSUD Dekai. Dia menyayangkan kejadian tersebut, pascakejadian penyerangan situasi di Kabupaten Yahukimo aman dan kondusif. Personil Gabungan terus melakukan patroli untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Kabupaten Yahukimo.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Yahukimo agar tetap tenang, jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak benar yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan diantara anak bangsa," tandas Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6311 seconds (0.1#10.140)