Dinas Perpustakaan Kobar Tambah Ribuan Buku dan Sediakan Area Bermain Anak

Senin, 18 November 2019 - 09:48 WIB
Dinas Perpustakaan Kobar Tambah Ribuan Buku dan Sediakan Area Bermain Anak
Dinas Perpustakaan Kobar Tambah Ribuan Buku dan Sediakan Area Bermain Anak
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menambah koleksi buku pada gerai bacanya. Sebanyak 1.500 eksemplar atau 500 judul buku pada pengadaan 2019 secara resmi telah diluncurkan beberapa waktu laku.

Tak hanya peluncuran buku, dinas perpustakaan juga memperkenalkan area bermain anak indoor dan outdoor, ruang baca anak, e-book dan alat permain edukatif.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kobar, Zainah mengatakan, pihaknya terus menyosialisasikan keberadaan perpustakaan daerah dengan segala fasilitas yang dimiliki sehingga dapat diketahui masyarakat secara luas.

“Selain itu, agar masyarakat dapat mengetahui adanya koleksi buku dan adanya penambahan fasilitas dalam perpustakaan,” ujar Zainah di ruang kerjanya, Senin (18/11/2019).

Sampai saat ini, lanjut Zainah, Perpustakaan Kobar telah memiliki koleksi buku sebanyak 11.566 judul atau sebanyak 28.330 eksemplar. Sedangkan jumlah pengunjung data pada 2018 berjumlah 96.032 pengunjung.

“Disamping itu, kami juga memiliki koleksi buku digital atau e-book yang dapat diakses masyarakat melalui website perpusda.kotawaringinbaratkab.go.id dan juga tersedia 22 layanan,” tuturnya.

Zainah menjelaskan, sampai saat ini Dinas Perpustakaan secara bertahap melakukan pemenuhan standar nasional perpustakaan setiap tahun. Dengan pemenuhan standar tersebut maka diharapkan kebutuhan masyarakat akan literasi bermutu dapat difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan.

“Melihat antusiasnya kunjungan ke perpustakaan, maka suatu saat perlu adanya lokasi dan gedung perpustakaan yang representatif untuk memenuhi kenyamanan bagi pengunjung, misalnya gedung yang berarsitektur modern sehingga perpustakaan juga memenuhi kriteria sebagai tempat rekreasi dan wisata baca,” pungkasnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra Tengku Ali Syahbana mengapresiasi peluncuran buku baru ini. Selain itu, Ali Syahbana juga mengharapkan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan selalu melakukan pembinaan tenaga perpustakaan dan pustakawan.

“Agar pengembangan perpustakaan akan semakin meluas dan bergerak membangun semangat pembudayaan literasi bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat khususnya menuju SDM mandiri dan berkualitas,” ujar Ali Syahbana.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4541 seconds (0.1#10.140)