Korem Gorontalo Gelar Simulasi Evakuasi Korban Banjir Sungai Bolango

Jum'at, 08 November 2019 - 20:58 WIB
Korem Gorontalo Gelar Simulasi Evakuasi Korban Banjir Sungai Bolango
Korem Gorontalo Gelar Simulasi Evakuasi Korban Banjir Sungai Bolango
A A A
GORONTALO - Korem 133/Nani Wartabone menggelar simulasi penanganan banjir sungai Bolango tepatnya di Desa Tupa dan Buidu Kecamatan Bolango Utara, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Bekerjasama dengan BPBD, Basarnas Dinas terkait provinsi dan kabupaten/kota, Korem 133/Nani Wartabone dengan sigap melakukan penanggulangan dan membantu masyarakat yang terkena musibah banjir.

Bantuan diberikan atas permintaan Gubernur Gorontalo yang melaporkan adanya masyarakat yang menjadi korban berupa dua rumah hanyut, 15 korban luka berat, luka ringan 3 orang, meninggal 3 orang dan pengungsi 100 orang.

Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw menyatakan terima kasih kepada instansi terkait yang telah bersama menggelar latihan seperti ini dengan harapan ke depan apabila terjadi telah siap menghadapi persoalan demikian.

"Kegiatan latihan ini telah berlangsung selama tiga hari yang diawali dengan teori singkat selama dua hari dan praktek lapangan yang berlangsung di Desa Tupa dan Buidu Kecamatan Bolango Utara Kabupaten Bone Bolango yang berlokasi di belakang Kantor Kecamatan Bolango Utara," ujarnya, Jumat (8/11/2019).

Simulasi dilakukan sebagai bentuk kesiapan dalam mengantisipasi terjadi kondisi yang sebenarnya. Sehingga akan lebih mempertajam koordinasi bersama instansi yang terkait terhadap penanggulangan bencana alam.

"Belum lama juga Korem melaksanakan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan di Kabupaten Gorut dan samping bandara Jalaludin Gorontalo sehingga hal ini perlu koordinasi yang setiap saat dalam menghadapi bencana alam banjir dan sebagainya," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2433 seconds (0.1#10.140)