TNI AD Bantu Pengobatan Korban Bencana Banjir di Manado

Kamis, 18 Februari 2021 - 08:55 WIB
loading...
TNI AD Bantu Pengobatan Korban Bencana Banjir di Manado
TNI AD memberikan bantuan logistik dan pengobatan kesehatan kepada korban banjir dan tanah longsor di di Manado. Foto/Ist.
A A A
MANADO - TNI AD memberikan bantuan logistik dan pengobatan kesehatan kepada korban banjir dan tanah longsor di di Manado, Sulawesi Utara. Kegiatan sosial lainnya juga dilakukan seperti pengasapan, mendirikan dapur lapangan, serta posko kesehatan untuk pengobatan gratis untuk seluruh korban bencana.



Kegiatan tersebut merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai bentuk kepedulian TNI AD kepada masyarakat yang terdampak bencanaagar dampak bencana cepat berlalu dan pulih seperti sediakala.

Bencana yang terjadi di Manadopada tanggal 16, dan 22 Januari 2021 sangat berdampak bagi seluruh masyarakat karena kerugian materiil setiap korban serta tidak adanya fasilitas publik yang dapat digunakan.



Kakesdam XIII/Merdeka , Kolonel Ckm Ponco Darmono mengatakan pihaknya melakukan tindakan preventif maupun kuratif untuk memberikan bantuan kepada korban pascabencana. Misalnya memeriksa seluruh pengungsi, membagikan masker, dan melaksanakan mobilisasi di area-area pengungsian.

"Untuk tindakan kuratifnya, kami mendirikan pos pengobatan yang didukung oleh empat dokter, delapan perawat, dan tiga tenaga farmasi, serta tiga tenaga untuk mobilisasi," kata Ponco seperti yang diunggah dalam Youtube TNI AD , Kamis (18/2/2021).



Ponco mengatakan bahwa tim medis Kodam XIII/Merdeka juga melakukan pemeriksaan kepada balita bernama Aron yang menderita hidrosefalus. "Saat ini telah dilakukan pengobatan dan diberikan makanan tambahan, kemudian akan dilakukan edukasi kepada orang tua untuk nantinya segera dibawa ke rumah sakit agar dilakukan pemeriksaan menyeluruh," kata Ponco.

Sebelumnya, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa menyebutkan bantuan tersebut merupakan upaya membantu pemerintah dan masyarakat untuk pemulihan pascabanjir. "Kegiatan yang dilakukan oleh Kodam XIII/Merdeka merupakan upaya untuk membantu pemerintah dan masyarakat Kota Manado yang terdampak banjir dan tanah longsor," katanya.

Wali Kota Manado, G.S.Vicky Lumentut menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya karena TNI AD ikut turun membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya pemulihan daerah dan korban pascabencana.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)