Lomba Perahu Layar Tradisional Meriahkan NPF V 2019

Selasa, 08 Oktober 2019 - 14:53 WIB
Lomba Perahu Layar Tradisional Meriahkan NPF V 2019
Lomba Perahu Layar Tradisional Meriahkan NPF V 2019
A A A
KLUNGKUNG - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melepas peserta lomba perahu layar tradisional di pelabuhan Sampalan, Kecamatan Nusa Penida Selasa (8/10/2019). Lomba yang diikuti oleh 8 peserta ini digelar selain untuk memeriahkan Nusa Penida Festival 2019 yang tengah digelar, juga untuk melestarikan jukung tradisional serta mendukung atraksi pariwisata yang tengah berkembang pesat di Nusa Penida.

"Lomba digelar selain untuk memeriahkan NPF 2019, juga untuk melestarikan jukung tradisional serta mendukung pariwisata di Nusa Penida dengan atraksi-atraksi ini." ujar Bupati Suwirta.

Tahun depan, untuk meningkatkan jumlah peserta Bupati Suwirta berjanji akan meningkatkan jumlah hadiah uang."Saya berharap antusiasme para joki untuk mengikuti lomba perahu ini tahun depan akan semakin meningkat karena hadiah uang akan saya lipat gandakan. Inilah saatnya para joki/nelayan untuk turut berpartisipasi meramaikan dan menarik wisatawan lewat atraksi lomba ini, "ujar Bupati Suwirta disambut tepuk tangan seluruh peserta.

Sementara itu ketua panitia lomba Putu Rai Sudarta mengatakan dari total 8 peserta lomba, 6 peserta berasal dari Desa Batununggul dan Suana serta 2 peserta berasal dari Seraya, Kabupaten Karangasem. Dalam lomba ini joki/nelayan diuji keahliannya mengarahkan jukung dengan layar.

"Peserta diharuskan melewati bendera yang dipasang di Pantai Suana. Apabila tidak sampai melewati dinyatakan diskualifikasi," ujarnya.

Lima peserta lomba jukung tercepat yang berhasil melewati rute dan kembali sampai finish di pelabuhan Sampalan akan ditetapkan sebagai juara. Mereka nantinya akan diurut dan memperoleh hadiah sesuai kecepatan waktu tempuh. Juara 1 meraih hadiah Rp5 juta, juara 2 meraih Rp4 juta, juara 3 meraih Rp3 juta, juara 4 meraih Rp2 juta dan peringkat kelima dengan hadiah sebesar Rp1 juta.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4536 seconds (0.1#10.140)