Gunung Slamet Terbakar, Puluhan Petugas Diterjunkan Padamkan Api

Rabu, 18 September 2019 - 03:22 WIB
Gunung Slamet Terbakar, Puluhan Petugas Diterjunkan Padamkan Api
Gunung Slamet Terbakar, Puluhan Petugas Diterjunkan Padamkan Api
A A A
SEMARANG - Puluhan petugas gabungan diterjunkan untuk menjinakkan kobaran api di kawasan hutan Gunung Slamet , Jawa Tengah, Rabu (18/9/2019) dini hari. Mereka harus berjibaku memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya.

Anggota Basarnas Jateng Setio Topan Dirgantara mengatakan, kobaran api berada di Kaliwadas, Sirampong perbatasan Purbalingga-Brebes. Sejumlah relawan gabungan di bawah koordinasi SAR Purbalingga dan BPBD hingga kini masih berada di lokasi.

"Hingga saat ini masih berlangsung upaya pemadamannya. Jumlah personel di lokasi sekira 50 orang," kata Topan.

Dia menjelaskan, petugas harus ekstra hati-hati karena medan cukup terjal dan angin bertiup kencang. Kondisi itu mengakibatkan api semakin membesar, sehingga petugas yang melakukan pemadaman harus mewaspadai arah angin.

"Kendala utama adalah sumber air yang jauh. Jadi harus pemadaman manual dengan cara dipukul menggunakan ranting daun yang masih hijau, sembari motong jalur api," beber dia.

Dia berharap api bisa dipadamkan agar tak kian merambat ke lokasi lain. Petugas harus bergerak cepat memukul api agar segera padam.

"Semoga angin enggak begitu besar jadi api tidak cepat melebar. Karena relawan gabungan juga harus motong jalur apinya biar tak membesar," pungkasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0681 seconds (0.1#10.140)