Tersesat, 2 WNA Jerman Ini Berhasil Ditemukan di Gunung Lokon

Kamis, 22 Agustus 2019 - 16:41 WIB
Tersesat, 2 WNA Jerman Ini Berhasil Ditemukan di Gunung Lokon
Tersesat, 2 WNA Jerman Ini Berhasil Ditemukan di Gunung Lokon
A A A
TOMOHON - Dua warga negara asing (WNA) asal Jerman, Eric Daniel Hagel (28) dan Laura Fabienne Bauer (25) berhasil ditemukan tim gabungan di Gunung Lokon , Rabu (21/08/2019), sekitar pukul 16.00 WITA. Sebelumnya warga Jerman ini dikabarkan tersesat saat mendaki gunung tersebut.

Humas SAR Manado, Feri Ari Yanto menjelaskan, pada 21 Agustus 2019 dua orang WNA Jerman yang menginap di Highland Resort Tomohon melakukan pendakian Gunung Lokon tanpa pemberitahuan kepada pihak resort.

"Korban tersebut terakhir melakukan kontak dengan pihak penginapan pada tanggal 22 Agustus 2019 pukul 01.00 WITA mengirimkan lokasi terakhir melalui kontak person konsulat German di Makassar. Pihak penginapan menerima informasi para tamunya tersesat dan dalam kondisi kelelahan di sekitar puncak Lokon," kata Feri, Kamis (22/8/2019).

Di tempat terpisah, Polres Tomohon juga menerima informasi yang disampaikan pihak Highland Resort Tomohon tempat kedua WNA itu menginap. Awalnya, Cintya Manangka yang merupakan petugas front office Highland Resort, menerima telepon dari seorang dokter asal Jerman yang mengaku sebagai dokter pribadi kedua WNA tersebut.

Dokter memberitahukan bahwa dua WNA yang menginap di High Land Resort mengalami cedera saat mendaki Gunung Lokon dan masih berada di puncak. Keduanya meminta bantuan segera.

Sesaat menerima informasi, Tim Rayon Sabhara Polres Tomohon dipimpin Kabagops, AKP Steven Simbar bersama Tim SAR, BPBD, RAPI dan pihak Highland Resort melakukan pencarian.

Tim gabungan tiba di puncak Gunung Lokon, kurang lebih 50 meter di atas kawah pada Kamis (22/08/2019), sekitar pukul 01.15 WITA. Dalam komunikasi, kedua WNA mengatakan bahwa tim sudah berada di atas mereka, namun terhalang semak belukar. Kedua pihak lalu kehilangan kontak.

Sekitar pukul 04.30 WITA, tim beristirahat sejenak sambil menunggu di pinggir kawah hingga menjelang matahari terbit. Pukul 07.00 WITA, satu tim yang diganti oleh Tim Rayon Sabhara lainnya, melanjutkan pencarian bersama tim gabungan.

Tiga jam kemudian atau sekitar pukul 10.00 WITA, tim gabungan tersebut akhirnya berhasil menemukan kedua WNA dalam keadaan selamat. Keduanya segera dievakuasi ke Mapolres Tomohon, kemudian menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan.

Kapolres Tomohon, AKBP Raswin Sirait bersyukur atas ditemukannya kedua WNA Jerman tersebut. "Terima kasih dan apresiasi kepada tim gabungan, atas kerja kerasnya akhirnya berhasil menemukan kedua WNA dalam keadaan selamat," pungkasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5679 seconds (0.1#10.140)