Ratusan Rumah di Konawe Nyaris Terbakar Akibat Kebakaran Lahan Gambut

Senin, 12 Agustus 2019 - 17:46 WIB
Ratusan Rumah di Konawe Nyaris Terbakar Akibat Kebakaran Lahan Gambut
Ratusan Rumah di Konawe Nyaris Terbakar Akibat Kebakaran Lahan Gambut
A A A
KONAWE - Ratusan rumah warga di Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (12/8/2019) nyaris terbakar akibat kebakaran lahan gambut di daerah tersebut. Sebelumnya kebakaran lahan gambut akibat punting rokok di Kecamatan Pondidaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara telah mencapai ratusan hektare.

Dengan menggunakan peralatan seadanya petugas Kepolisian bersama warga setempat berjibaku memadamkan api yang menghanguskan ratusan hektare lahan gambut .

“Tidak adanya peralatan penunjang seperti mobil pemadam kebakaran dan tower penyemprot membuat api dengan cepat menjalar kepemukiman penduduk,” kata Kapolsek Pondidaha Ipda Ramlan, Senin (12/8/2019).

Akibatnya masyarakat setempat panik dan berlarian menuju ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

Belum diketahui persis penyebab terjadinya kebakaran namun petugas menduga adanya warga yang membuang puntuk rokok di lahan gambut.

“Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan pihaknya mengimbau masyarakat yang membuka lahan untuk tidak melakukan pembakaran. Sejak dua pekan terakhir petugas Kepolisian telah mendata tiga titik kebakaran terparah di Kecamatan Pondidaha,” tandasnya.
(sms)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0804 seconds (10.177#12.26)