Ini Identitas Empat Korban Meninggal Dunia Gempa Banten

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 17:12 WIB
Ini Identitas Empat...
Ini Identitas Empat Korban Meninggal Dunia Gempa Banten
A A A
JAKARTA - Empat orang meninggal dunia akibat dipicu gempa magnitudo M 6,9 yang terjadi I Banten pada Jumat 2 Agustus 2019 pukul 19.03 WIB. Dua orang meninggal dunia berlokasi di Kabupaten Lebak dan dua lainnya di Kabupaten Sukabumi.

"Dua orang meninggal di Kabupaten Lebak atas nama Rasinah (48), yang meninggal karena serangan jantung. Korban lain yaitu Salam (95) yang meninggal akibat kelelahan ketika dievakuasi," kata Plh Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (3/8/2019).

Sedangkan korban meninggal di Kabupaten Sukabumi atas nama H Ajay (58) dari Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok dan Ruyani (35) dari Desa Mekarmukti, Kecamatan Waluran. Selain korban meninggal, gempa berdampak pada empat orang luka-luka dengan rincian satu korban di Kabupaten Sukabumi dan tiga lainnya di Kabupaten Pandeglang.

Pascagempa, BNPB segera mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) ke lokasi terdampak seperti Lampung Selatan, Pandeglang, Serang, Lebak, dan Sukabumi. TRC membantu pemerintah daerah untuk melakukan kaji cepat dan pendampingan terhadap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Saat ini BNPB, BPBD, kementerian/lembaga, TNI, Polri dan relawan bersinergi di lapangan untuk penanganan darurat bencana.

Kepala BNPB Doni Monardo telah berada di Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (3/8/2019), untuk meninjau kondisi di lapangan dan memastikan semua pelayanan publik terpenuhi. Berdasarkan pantauan TRC, situasi dan aktivitas warga normal. Di sisi lain, BPBD dibantu instansi terkait melakukan pemantauan ulang di daerah pedalaman.

Sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis gempa dengan Magnitudo 6,9 terjadi pada pukul 19.03 WIB dengan kedalaman 48 km. Posisi gempa berada pada 164 km barat daya Pandeglang, Banten. BMKG mengakhiri peringatan dini tsunami pada Jumat 2 Agustus 2019 pukul 2.35 WIB atau 2 jam 32 menit pascagempa. (Baca juga; BNPB: 4 Meninggal dan 223 Rumah Alami Kerusakan Akibat Gempa Banten )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1917 seconds (0.1#10.140)