World Class Professor untuk Universitas AMIKOM Yogyakarta

Selasa, 30 Juli 2019 - 17:19 WIB
World Class Professor untuk Universitas AMIKOM Yogyakarta
World Class Professor untuk Universitas AMIKOM Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas perguruan tinggi, pemerintah melalui Kemenristekdikti memberikan hibah World Class Professor (WCP). Hibah ini dapat diajukan oleh dosen perguruan tinggi yang memiliki jenjang pendidikan doktor dengan H-Index minimal 2 serta pernah menjadi First Author minimal di jurnal terindex scopus dengan SJR Q4 dalam 5 tahun terakhir.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah adanya joint publication antara pengusul dengan profesor kelas dunia yang memiliki H-Index minimal 10. Luaran lain adalah adanya kegiatan transfer pengetahuan dari WCP kepada dosen dan mahasiswa di perguruan tinggi terkait publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi.

Tahun ini ada 51 usulan yang didanai oleh Kemenristekdikti dimana salah satunya adalah usulan dari dosen Universitas AMIKOM Yogyakarta, Kusrini. Dalam program yang didanai oleh Kemenristekdikti ini, Universitas AMIKOM Yogyakarta bekerjasama dengan Prof. Ebroul Izquierdo dari School of Electronic Engineering and Computer Science at Queen Mary, University of London. Izquierdo memiliki 399 publikasi terindeks Scopus dengan 2404 sitasi sehingga mendapat H-Indeks 23.

Sebagai bagian dari kegiatan ini Prof. Ebroul Izquierdo melakukan kunjungan ke Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan periode waktu 20-30 Juli 2019. Selama kunjungan, beliau melakukan diskusi dengan pengusul Program WCP dan tim peneliti terkait untuk menyelesaikan publikasi bersama dan membuat usulah penelitian bersama. Selain itu beliau juga melakukan memberikan materi dan diskusi dengan dosen dan mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta pada workshop 'How to submit paper in international journal.

Lebih dari 20 paper internasional yang didiskusikan dalam kegiatan tersebut. Berbagai peluang kerja sama yang lebih luas antara Universitas AMIKOM Yogyakarta dan Queen Mary University of London juga dibahas dalam berbagai kesempatan diskusi antara Prof. Ebroul Izquierdo dan pimpinan Universitas AMIKOM Yogyakarta. Termasuk dalam rangkaian kegiatan ini pengusul WCP, Kusrini, akan melakukan kunjungan akademik ke Queen Mary University of London pada September 2019.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4095 seconds (0.1#10.140)