Makam Kuno Ditemukan Utuh Terkubur di Kedalaman 1,5 Meter

Senin, 08 Juli 2019 - 18:28 WIB
Makam Kuno Ditemukan Utuh Terkubur di Kedalaman 1,5 Meter
Makam Kuno Ditemukan Utuh Terkubur di Kedalaman 1,5 Meter
A A A
KENDAL - Masyarakat Desa Kumpulrejo, Kecamatan Petebon Kendal, Jawa Tengah digegerkan dengan penemuan makam kuno yang masih utuh terkubur di salah satu pekarangan warga.

Makam kuno yang terkubur tanah di kedalaman satu setengah meter itu ditemukan saat pemilik pekarangan, Catur bermaksud menggali saluran.

Saat menggali tanah pekarangan dengan kedalaman sekitar 50 cm, cangkulnya mengenai batu. Karena penasaran, dengan hati-hati kemudian Catur menggali tanah di sekitarnya.

Hingga akhirnya di kedalaman sekitar satu setengah meter menemukan makam yang masih lengkap dengan dua buah batu nisan.

“Makam dengan dua batu nisa ini terbuat dari batu berwarna putih dan terdapat ornamen kuno,” kata Catur, Senin (8/7/2019).
Makam Kuno Ditemukan Utuh Terkubur di Kedalaman 1,5 Meter

Temuan itu selanjutnya dilaporkan ke pihak pemerintah desa hingga kabupaten dengan harapan ada arkeolog yang mau turun melakukan pemeriksaan.

Belum diketahui makam kuno tersebut berasal dari tahun berapa. Namun di batu nisan terdapat huruf Arab dan angka Romawi.

Sontak penemuan makam kuno ini membuat heboh masyarakat setempat. Setiap hari ada ratusan warga yang mendatangi makam kuno di RT 03/RW 03 Desa Kumpulrejo tersebut.

Mereka penasaran dengan penemuan makam kuno yang masih utuh terpendam di dalam tanah.

Perangkat Desa Kumpul Rejo Chumaidi mengatakan, pihaknya sedang mengumpulkan informasi dari warga sekitar terkait penemuan makam tersebut.

Dia berharap segera ada pemeriksaan dari arkeolog untuk mengetahui asal usul makam tersebut.

“Saat ini untuk menjaga makam kuno tersebut dari kerusakan, pemerintah desa memasang pagar bambu dan diberi penerangan. Sedangkan di bagian nisan juga di bungkus kain putih,” katanya.

Salah seorang warga Desa Kumpulrejo Ahmad Efendi berharap keberadaan makam kuno ini tidak disalagunakan oleh oknum untuk berbuat sirik.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.7939 seconds (0.1#10.140)