Bandara Sam Ratulangi Diperluas, Tampung 6 Juta Penumpang

Kamis, 04 Juli 2019 - 16:36 WIB
Bandara Sam Ratulangi Diperluas, Tampung 6 Juta Penumpang
Bandara Sam Ratulangi Diperluas, Tampung 6 Juta Penumpang
A A A
MANADO - Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan akan diperluas pada tahun 2019 ini. Dengan perluasan tersebut, Bandara Sam Ratulangi akan dapat menampung 6 juta penumpang per tahun.

Kepastian perluasan ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kunjungan kerjanya di Provinsi Sulut. "Luasnya total 56.000 meter persegi bisa mengangkut kurang lebih 6 juta penumpang. Gede banget," katanya di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Kamis (4/7/2019).

Dia mengatakan perluasan bandara ini dilakukan karena banyaknya permintaan dari biro travel. Menurutnya banyak wisatawan asing yang ingin ke Manado tapi kapasitas bandara tidak mencukupi

"Kedua runway nya juga masih kurang panjang sedikit. apabila yg badan lebar ingin turun di Manado. Oleh sebab itu kita perintahkan agar segera dibangun terminal yang baru," ujarnya.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan bahwa pembangunan akan dilakukan September mendatang dan ditargetkan selesai tahun depan.

"Dan akan dimulai pada Bulan September September ini dimulai, akan diselesaikan Agustus 2020 rampung," tuturnya.

Dia yakin adengan adanya perluasan bandara akan menggenjot sektor pariwisata di Sulut. "Bisa lipat (berlipat-lipat) lah nanti. Di sini juga akan lipat kapasitas bandaranya tapi juga sama hotelnya harus siap. Itu yang mau semua kita selesaikan dengan baik," katanya.

Pembangunan ini akan dilakukan oleh jajaran pemerintah pusat dan Angkasa Pura. "Terminal dibangun oleh Angkasa Pura. Perpanjangan runway oleh Kementerian Perhubungan. Ini yang mau kita ketemukan. nanti misal jalan lingkar oleh menteri PU, terus kawasan wisatanya nanti bisa menteri PU," jelasnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0928 seconds (10.55#12.26)