Anak Kijang Sumatera yang Nyaris Punah Lahir di PPS Bangka Belitung

Rabu, 19 Juni 2019 - 20:21 WIB
Anak Kijang Sumatera yang Nyaris Punah Lahir di PPS Bangka Belitung
Anak Kijang Sumatera yang Nyaris Punah Lahir di PPS Bangka Belitung
A A A
BANGKA - Nyaris mengalami kepunahan akhirnya induk hewan Kijang Sumatera melahirkan satu ekor anak di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi, Kampung Reklamasi PT Timah, Air Jangkang, Kabupaten Bangka, Babel. Kijang (Muntiacus muntjak) tersebut lahir pada Rabu 19 Juni 2019.

"Alhamdulillah hari ini induk kijang di PPS Alobi melahirkan satu ekor anak. Tetapi, belum kita periksa jenis kelaminnya lantaran khawatir anak kijang stres dan tak mau menyusui," ujar Ketua Alobi, Langka Sani di Bangka, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan, Kijang Sumatera yang ada di Alobi memiliki jenis yang sama dengan Kijang yang ada di Bangka Belitung (Babel).

Maka dari itu, pihaknya berharap hewan yang nyaris punah dan dilindungi UU tersebut dapat lestari dan terus berkembang biak, sehingga bisa diketahui oleh generasi berikutnya.

"Kami memiliki beberapa ekor kijang, serahan dari BKSDA Sumsel untuk dititipkan di sini, kemudian akan dilepasliarkan ke alam liar jika dianggap layak atau diserahkan kembali ke balai konservasi lainnya," jelas Langka.

Kendati demikian ini kali pertama, induk Kijang melahirkan di PPS Alobi, sejak diserahkan pihak terkait untuk dilakukan rehabilitasi pada Oktober 2018 lalu. "Jadi di wilayah Sumatera hanya Alobi yang ada PPS, dari delapan PPS yang ada di Indonesia saat ini kita yang paling bunggu," paparnya.

Alhasil sejauh ini lanjut Langka, pihaknya telah melepasliarkan lebih dari 1000 ekor satwa liar yang telah melewati masa rehabilitas di 2 PPS Alobi. "Sejauh ini sudah ada 1450 ekor berbagai jenis hewan langka yang kita lepasliarkan, kita lakukan bersama BKSDA, Direktur Penegakan Hukum Dirjen Gakkum LHK RI, PT Timah dan juga PLN," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2416 seconds (0.1#10.140)