Jalani Moloopu, Ryan Siap Tunaikan Janji Adat Gorontalo

Selasa, 04 Juni 2019 - 10:29 WIB
Jalani Moloopu, Ryan Siap Tunaikan Janji Adat Gorontalo
Jalani Moloopu, Ryan Siap Tunaikan Janji Adat Gorontalo
A A A
GORONTALO - "Saya berjanji, siap menjalankan Janji Adat ini selama menjabat sebagai Wakil Wali Kota Gorontalo," ucap Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F Kono, saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Moloopu di rumah jabatannya, Senin (3/6/2019).

Moloopu menurut Ryan, adalah upacara adat kebesaran Gorontalo yang dilaksanakan di awal masa jabatannya sebagai wakil wali kota gorontalo. Upacara ini, selain sebagai keharusan memenuhi tatanan adat, merupakan wujud pengakuan rakyat atas ketokohan dan kepemimpinan serta rasa syukur masyarakat kepada pemimpin maupun khalifahnya.

Upacara kebesaran adat moloopu ini, diselenggarakan secara "pongo-pongoabe daa", artinya dilaksanakan menurut tata upacara kebesaran adat gorontalo, oleh segenap pemangku adat negeri uduluwo limo lopohalaa.

"Berarti acara ini sangat sakral dan menjadi sebuah catatan bersejarah dalam perjalanan hidup saya, dalam memangku jabatan sebagai wakil wali kota gorontalo," ujar Wakil Wali Kota.

Olehnya dalam momen yang sangat berbahagia ini, ia ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para pemangku adat yang telah menggelar acara adat moloopu. Untuk mendampingi wali kota gorontalo, bapak marten taha untuk 5 tahun kedepan.

Dalam menjalankan amanah yang mulia dan tidak ringan ini, tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak. Karena Ia dan wali kota tidak dapat berbuat apa-apa tanpa bantuan dari semua pihak. Ia pula sekaligus kami mohon di doakan agar Allah SWT menaungi dan melindungi serta melimpahkan karunia, dan nikmatnya kepada mereka berdua selama memimpin daerah kota gorontalo.

"Karena saya yakin, hanya dengan bekerja sama dibawah naungan dan Ridho Allah, semua yang kita cita-citakan untuk membangun daerah tercinta ini, benar-benar dapat terwujud. Kedepan dengan kerja keras dan kerja cerdas Insya Allah saya dan wali kota mampu mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi pemerintahan kami," tutup Wakil Wali Kota.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4522 seconds (0.1#10.140)