Bakamla Amankan Kapal Motor Bermuatan BBM Ilegal di Sungai Musi

Jum'at, 19 April 2019 - 04:08 WIB
Bakamla Amankan Kapal Motor Bermuatan BBM Ilegal di Sungai Musi
Bakamla Amankan Kapal Motor Bermuatan BBM Ilegal di Sungai Musi
A A A
PALEMBANG - Kapal patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) KN Belut Laut-4806 yang sedang melaksanakan tugas patroli keamanan laut, baru-baru ini mengamankan sebuah kapal motor yang diduga memuat BBM ilegal, di Perairan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono menyebutkan, pada saat diperiksa kapal motor berinisial AJ dan dinahkodai UK sedang memuat BBM jenis solar, tanpa dilengkapi dokumen muatan maupun dokumen kapal. Kapal diketahui berbendera Indonesia dan diawaki enam orang ABK.

Penangkapan kapal ini berkat informasi dari masyarakat tentang adanya aktivitas peredaran BBM yang diduga ilegal di wilayah perairan Sungai Musi kepada jajaran Bakamla.

"Maka KN Belut Laut-4806 yang dikomandani Letkol Bakamla Heni Mulyono ini berhasil menghentikan dan memeriksa KM AJ yang sedang berlayar dari Perairan Gandus tersebut," ujarnya dalam keterangan persnya yang diterima SINDOnews, Jumat (19/4/2019).

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan bukti permulaan yang cukup bahwa kapal tidak di lengkapi dengan dokumen kapal dan muatan. "Kapal yang digunakan semestinya bukan diperuntukkan sebagai kapal pengangkut minyak," tambah Letkol Heni.

Selanjutnya, kapal dan barang bukti muatan diamankan dan dikawal menuju dermaga terdekat untuk diserahkan kepada penyidik terkait.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0882 seconds (0.1#10.140)