Polres Probolinggo Bagikan Masker kepada Wisatawan Gunung Bromo

Jum'at, 15 Maret 2019 - 17:17 WIB
Polres Probolinggo Bagikan...
Polres Probolinggo Bagikan Masker kepada Wisatawan Gunung Bromo
A A A
PROBOLINGGO - Polres Probolinggo membagikan masker gratis kepada sejumlah wisatawan dan pelaku wisata untuk mengantisipasi paparan abu vulkanik yang terus mengguyur lautan pasir Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/3/2019). Para wisatawan dan pelaku wisata juga diimbau selalu waspada dan mentaati peraturan tidak mendaki ke kawah atau masuk ke dalam radius 1 kilometer.

Pembagian masker dilakukan anggota Biddokes Polres Probolinggo, TNI, dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Wisatawan asing, lokal, dan para pelaku wisata seperti ojek kuda diberi masker untuk meminimalisir dampak abu vulkanis yang keluar dari kawah Gunung Bromo.

“Sebab jika tanpa menggunakan masker, butiran abu tipis tersebut bisa masuk ke saluran pernapasan dan berbahaya bagi tubuh karena mengandung silika. Karena itulah, petugas gabungan memberikan masker pada wisatawan dan warga yang beraktivitas di daerah terdampak guyuran abu vulkanis,” kata Kapolres Probolinggo AKBP Edwi Kurniyanto.

Selain selain masker gratis, petugas juga memberikan imbauan pada wisatawan maupun warga agar tidak memasuki kawasan satu kilometer dari kawah. (Baca juga; Gunung Bromo Erupsi, 4 Desa di Lereng Terpapar Abu Vulkanik )

Walaupun erupsi, wisata TNBTS tetap dibuka. Wisatawan dapat menikmati pemandangan Bromo dari jarak aman yang sudah ditentukan otoritas setempat, yakni di luar radius satu kilometer dari puncak kawah. Bromo tetap indah dinikmati dari puncak Mentigen, Seruni Poin, Pananjakan, Pasir Berbisik, dan Bukit Teletubis.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9502 seconds (0.1#10.140)