Pengelola Wisata Bromo: Mobil Selain Jeep Tak Diizinkan Masuk Lautan Pasir 

Rabu, 23 November 2022 - 13:01 WIB
loading...
Pengelola Wisata Bromo: Mobil Selain Jeep Tak Diizinkan Masuk Lautan Pasir 
Tangkapan layar saat terjadi keributan antara wisatawan Gunung Bromo dengan penjaga kawasan wisata.Foto/ist
A A A
PROBOLINGGO - Pengelola wisata Gunung Bromo menyayangkan adanya oknum wisatawan yang nekat memaksa masuk ke lautan pasir menggunakan kendaraan roda empat non jeep.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat menyatakan, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (19/11/2022) sekitar pukul 13.33 WIB. Saat itu memang ada rombongan kendaraan jenis Rubicon dan Land Cruiser yang memaksa masuk kawasan laut pasir Gunung Bromo.

"Rombongan kendaraan jenis Rubicon dan Land Cruiser mencoba masuk kawasan laut pasir dan sekitarnya, tapi dicegat oleh petugas TNBTS," ucap Sarif Hidayat, saat dikonfirmasi pada Rabu pagi (23/11/2022).

Baca juga: Viral Wisatawan Bromo Adu Mulut dengan Petugas Jaga, Mengaku Rombongan Pejabat

Pada pengakuan rombongan tersebut, mengaku ada undangan acara fashion show di Gunung Bromo, pada 20 November 2022. Tetapi saat dicek ternyata acara itu tidak ada.

"Pada dialog sempat disampaikan ada undangan fashion week di Bromo tanggal 20 (November) hanya saja acara tersebut tidak ada," kata dia.

Sarif mengakui bila hasil kesepakatan dengan pelaku jasa wisata aturan kendaraan bermotor roda empat non jeep tidak diperbolehkan masuk laut pasir. Hal itu bahkan sudah tertuang dari aturan sejak 20 Desember 2012 melalui Surat Keputusan (SK) Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) nomor : SK.88/21/BT.1/2012.

"Hasil kesepakatan pelaku jasa wsiata TNBTS memang untuk kendaraan non jeep tidak diperkenankan untuk masuk ke kawasan untuk wisata di Bromo dan sekitarnya," pungkasnya.

Diberitakan, rekaman video wisatawan yang memaksa masuk Laut Pasir Gunung Bromo viral beredar di media sosial. Mereka mengaku dari rombongan pejabat dari Gubernur Jawa Timur dan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sontak saja tindakan mereka mendapat perhatian dari masyarakat sekitar dan wisatawan lainnya. Aksi ini direkam oleh petugas TNBTS dan penjaga portal yang memasuki area
(msd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1528 seconds (10.177#12.26)