Wabup Kobar Ahmadi Riansyah Imbau Anak Didik Bijak Bersosmed

Senin, 04 Maret 2019 - 17:26 WIB
Wabup Kobar Ahmadi Riansyah Imbau Anak Didik Bijak Bersosmed
Wabup Kobar Ahmadi Riansyah Imbau Anak Didik Bijak Bersosmed
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Ahmadi Riasyah mengimbau para siswa untuk bijak bermedia sosial. Hal ini disampaikan Wabup Kobar saat melaksanakan kunjungan kerja ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pangkalan Bun di Jalan Ahmad Yani Km 4,5, Senin (4/3/2019) pagi.

Dalam kesempatan ini, Wabup Kobar sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara bendera yang diikuti oleh ratusan siswa-siswi MAN Pangkalan Bun.

Selain diikuti ratusan siswa-siswi MAN Pangkalan Bun, upacara juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kobar, Kepala Sekolah serta para guru yang mengajar di lembaga pendidikan di bawah pengawasan Kementerian Agama.

“Saya imbau para lelajar untuk belajar lebih giat. Lebih aktif mengikuti kegiatan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah),” ujar Wabup Kobar dalam sambutannya.

Selain itu kegiatan keorganisasian seperti OSIS, merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi para siswa untuk terus mengembangkan diri. Berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi seperti saat ini, Ahmadi menghimbau kepada para siswa untuk bijak dalam bermedia sosial.

“Para siswa untuk tidak mengupload atau membagikan konten yang bersifat asusila, SARA, ataupun Radikalisme yang bisa merugikan diri sendiri,” timpalnya.

Berkaitan dengan pelaksanaan pemilihan umum yang sebentar lagi digelar, wabup meminta siswa yang sudah memiliki hak pilih, untuk menggunakannya dengan baik.

“Pembelajaran pembentukan karakter anak didik sangat penting, karena diera milenial saat ini sangat banyak tantangan kedepan sebagai penerus tongkat estafet pembangunan daerah dan bangsa,”ungkapnya.

Sebelumnya, Bijaklah bermedia sosial! Jika memposting berita palsu (hoax) bisa berdampak hukum. Apalagi postingan tersebut berdampak pada bisnis sesorang terganggu. Seperti yang terjadi di Kecamatan Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng.

Akun Facebook KUD Tani Subur memposting video permintaan maaf seorang perempuan yang telah memposting berita bohong terkait anak hilang di Agrowisata Education Tani Subur Desa Pangkalan Tiga (DAM) yang dikelola KUD Tani Subur.

("Info dong, katanya di dam lagi gak boleh kesana ya? karena katanya ada anak hilang jadi tumbal gitu? benar gak nih? tolong info nya? "),” tulis Akun FB Annisa Nose digrup FB Pangkalan Banteng pada Minggu (3/3/2019) pagi.

Atas tulisan itu pihak Agrowisata Education Tani Subur Desa Pangkalan Tiga tidak terima dan langsung melapor ke Polsek Pangkalan Lada. Sebab atas postingan hoax tersebut lokasi wisata Agrowisata Education menjadi sepi.

“Kita laporkan Akun FB Annisa Nose ke Polsek Pangkalan Lada. Karena atas postingan hoax itu membuat image lokasi wisata Agrowisata Education,” ujar Penanggung Jawab Agrowisata Education, Deni Firmansyah, Minggu (3/3/2019) sore.

Selanjutnya pihak Polsek Pangkalan Lada melacak akun tersebut dan berhasil mengamankan perempuan bernama asli Siti Annisa yang juga warga Kecamatan Pangkalan Lada pada Minggu siang.

Kemudian Siti dipertemukan dengan pihak Agrowisata Education untuk mediasi dan sepakat minta maaf di media sosial.

“Pada hari ini, minggu tanggal 03 maret 2019 pagi, saya telah telah memposting berita di media sosial Facebook dengan akun (Annisa Nose) di grup Pangkalan Banteng. Mohon maaf yang sebesar besarnya kepada pihak Agrowisata Education Tani Subur Desa Pangkalan Tiga (DAM) karena saya telah menyebarkan berita hoax / berita yang tidak benar adanya sehingga berdampak negatif kepada KUD TANI SUBUR,” ujar Siti didampingi polisi dan perwakilan Agowisata di lokasi wisata tersebut sambil pihak pengelola wisata merekam video tersebut.

Siti juga meminta maaf kepada pihak "KUD TANI SUBUR” dan masyarakat luas pada umumnya. “Saya mohon untuk dimaafkan yang sebesar besarnya dan agar dapat dimaklumi,” pungkas Siti.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7474 seconds (0.1#10.140)