BNPB-BPBD Kobar Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana

Kamis, 28 Februari 2019 - 08:51 WIB
BNPB-BPBD Kobar Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana
BNPB-BPBD Kobar Gelar Sosialisasi Penanggulangan Bencana
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Biro Hukum dan Kerja Sama BNPB bersama BPBD Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng menyelenggarakan sosialisasi kebencanaan bertema “Pembangunan Kapasitas Kelembagaan pada BPBD dan SKPD Lainnya dalam Penanggulangan Bencana” pada Senin 25 Febuari 2019.

Kegiatan ini dihadiri 50 peserta lintas sektor terdiri dari relawan, dunia usaha, perwakilan masyarakat, aparatur pemerintah, TNI Polri, dan tokoh masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Meeting Room, sebuah hotel di Pangkalan Bun dan dibuka langsung oleh Kepala Biro Hukum dan Kerjasama BNPB, Dicky Febrian.

“Sebagai wilayah dengan risiko bencana tinggi, di mana indeks risiko bencana Kabupaten Kotawaringin Barat berada pada ranking 114 dari 136 kabupaten/kota berisiko tinggi. Maka pembangunan kapasitas kelembagaan menjadi salah satu alternatif pengurangan risiko bencana. Jangan sampai bencana menjadi penghambat dalam percepatan laju perekonomian,” ujar Dicky dalam rilis yang disampaikan pihak Diskominfo Kobar, Kamis (28/2/2019).

Materi disampaikan oleh 4 narasumber, yaitu Kepala Bagian Kerjasama Antar Lembaga BNPB, Kabag Operasional Polres Kobar dan Kepala DAOPS III Manggala Agni serta Kepala Pelaksana BPBD Kobar. Acara yang berlangsung satu hari itu diakhiri dengan penandatanganan Nota Kesepakatan yang berisi komitmen bersama untuk menguatkan koordinasi lintas sektor, membentuk forum komuniksai penanggulangan bencana.

“Serta menjadi agen utama penyampai informasi, menjalin kerjasama dan memberikan kontribusi dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana,” ujar Kepala BPBD Kobar Petrus Rindra.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6862 seconds (0.1#10.140)