Kirab Semarak Jenang Disambut Antusias Warga Solo

Minggu, 17 Februari 2019 - 12:05 WIB
Kirab Semarak Jenang...
Kirab Semarak Jenang Disambut Antusias Warga Solo
A A A
SOLO - Semarak Jenang Sala 2019 yang digelar di kawasan Sriwedari disambut antusias ribuan warga Kota Solo , Jawa Tengah Minggu Minggu (17/2/2019) pagi. Meski acara kirab semarak jenang baru dimulai pukul 09.00 WIB, namun 274 stand jenang yang tersedia telah diserbu warga sejak pagi.

Warga sudah memadati kawasan Sriwedari sejak pagi karena bertepatan dengan acara car free day (CFD) di Jalan Slamet Riyadi. “Persiapan kami sejak jam 05.30 WIB, begitu stand dibuka langsung dipadati warga,” kata Rizal Herdianto, petugas stand salah satu bank di Solo Minggu (17/2/2019) pagi.

Jenang yang disediakan adalah Jenang Procot sebanyak 100 takir. Dalam sekejap langsung habis diserbu warga yang telah antre. “Acara ini diselenggarakan untuk melestarikan budaya,” ujar Marsiyah, salah satu warga Solo. (Baca Juga: Melihat Kekhidmatan Kirab Malam 1 Sura Keraton Solo )

Sementara dalam acara semarak jenang, prosesi diawali dengan kirab 17 jenis jenang usai upacara Hari Jadi Kota Solo ke 274 di Stadion Sriwedari. 17 jenis jenang dibawa oleh putra putri solo menuju Plaza Sriwedari. Dalam prosesi itu diperkenalkan masing masing jenis jenang dan maknanya.

Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Solo Hasta Gunawan mengemukakan, Semarak Jenang mengambil tema Pesona Jenang Kemajemukan. 17 jenis jenang yang ditampilkan antara lain Jenang Sengkolo, Jenang Abang Putih, Jenang Katul, Jenang Procot, Jenang Lemu, Jenang, Sepasaran, Jenang Timbul, Jenang Rangrang, Jenang Raming, Jenang Sumsum, Jenang Grendul, Jenang Pati, Jenang Saloko, dan Jenang Warni Empat.

“Terdapat 274 peserta yang mengikuti Semarak Jenang, di antaranya 40 pasar tradisional,” kata Hasta Gunawan. (Baca Juga: Kirab Pemuda 2018 Disambut Meriah di Purwakarta )

Selain itu juga peserta dari kalangan sekolah, masyarakat hingga BUMN. Total terdapat sekitar 28.400 takir jenang yang dibagikan. 17 jenis jenang dibagikan secara gratis usai upacara Hari Jadi Kota Solo di Stadion Sriwedari.

Petugas yang melayani pembagian jenang gratis juga akan mengenakan pakaian tradisional Jawa. Masing masing peserta nantinya menyediakan 100 takir jenang. Jika dikalikan 274 peserta, maka yang tersedia adalah 27.400 takir jenang.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0970 seconds (0.1#10.140)