Bupati Kobar Nurhidayah Panen Padi di Desa Berambai Makmur

Rabu, 06 Februari 2019 - 11:56 WIB
Bupati Kobar Nurhidayah Panen Padi di Desa Berambai Makmur
Bupati Kobar Nurhidayah Panen Padi di Desa Berambai Makmur
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng Nurhidayah bersama jajaran Kepala Dinas, Badan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri Syukuran Panen Padi di Desa Berambai Makmur Kecamatan Pangkalan Banteng, Senin (4/2/2019).

Hasil panen padi jenis inpari dan aceh di Kecamatan Pangkalan Banteng mampu mencapai 5,6 ton per hektare. "Alhamdulillah semua berhasil dan panen serempak," ungkap Bupati Kobar.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pengembangan padi di Berambai Makmur dapat menjadi salah satu percontohan pertanian yang terintegrasi.

Menurut Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pangkalan Banteng, Jono, panen periode Oktober-Maret kali ini lebih baik dari sebelumnya baik dari tonase mau pun luasan panen.

Meski pun sempat ada kekhawatiran tanaman rusak terkena banjir, akan tetapi Jono merasa bersyukur hal tersebut tidak sampai merusak tanaman. Total panen di seluruh Kecamatan Pangkalan Banteng sendiri mencapai luasan 176 Ha padi sawah dan 20 Ha padi gogo pada periode tanam kali ini.

Sementara itu, menurut Kasi Penyuluhan Pertanian Dinas TPHP Dindin Syarifudin, selain varietas inpari dan aceh dalam penen padi kali ini merupakan produksi gabungan kelompok tani (gapoktan) Sido Makmur Desa Berambai Makmur. Mereka juga mengembangkan padi varietas PIM di lahan seluas 0,5 Ha.

Dindin Syarifudin mengatakan, dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh Dinas TPHP, padi varietas PIM ini pun ternyata mampu beradaptasi dengan baik di lahan rawa.

Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan yang cukup baik dimana ketinggian daun benderanya mencapai 155 cm. "Padi PIM ini dalam setiap rumpunnya terdapat 10 - 17 anakan dengan jumlah bulir per malai rata-rata 640 bulir," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9204 seconds (0.1#10.140)