Kota Padang Panjang, Kota Cerdas Indonesia 2018

Rabu, 09 Januari 2019 - 18:05 WIB
Kota Padang Panjang, Kota Cerdas Indonesia 2018
Kota Padang Panjang, Kota Cerdas Indonesia 2018
A A A
JAKARTA - Kota Padang Panjang, Sumatera Barat dinobatkan sebagai Kota Cerdas Indonesia 2018, kategori Kota Kecil bersama 9 kota lainnya. Penghargaan Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 yang diselenggarakan oleh koran Kompas, menobatkan Kota Padang Panjang sebagai Kota Cerdas berdasarkan Konsep IKCI 2018, yaitu kota yang lebih efisien melalui penerapan teknologi sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan dan pembangunan yang berkelanjutan.

Kota Cerdas adalah kota yang sistemnya ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup warga kota. Terdapat empat kategori dalam masuk penilaian Indeks Kota Cerdas Indonesia yaitu Kota Metropolitan, Kota besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil.

Penyusunan indeks kota cerdas bukan hanya sekadar tren, melainkan suatu bentuk apresiasi bagi kota-kota yang sudah menerapkan konsep kota cerdas sebagai solusi tata kelola kota yang baik. Selain itu, menjadi jembatan bagi kota lainnya untuk mendapatkan inspirasi dari kota pemenang.

Walikota Padang Panjang Fadly Amran usai menerima penghargaan IKCI 2018 di Jakarta, Rabu (9/1/2019), mengatakan, kota cerdas adalah kota yang pintar dalam menyelesaikan masalah yang ada di dalam masyarakatnya.

"Saya melihat perlombaan ini tentunya untuk mendorong kepala daerah menjadi lebih baik dalam mengelola kota untuk menyejahterakan masyarakatnya,” kata Fadly.

Pembangunan infrastruktur, kata Fadly, akan terus dilakukan sebagai fondasi kota cerdas (smart city), seiring dengan penerapan kebijakan-kebijakan inovasi di Kota Padang Panjang.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9690 seconds (0.1#10.140)