Rumah Warga Retak Tertimpa Talud Setinggi 8 Meter

Selasa, 27 November 2018 - 19:37 WIB
Rumah Warga Retak Tertimpa Talud Setinggi 8 Meter
Rumah Warga Retak Tertimpa Talud Setinggi 8 Meter
A A A
WONOSOBO - Rumah warga rusak parah akibat tertimpa material bebatuan dan tanah longsor di Wonosobo, Jawa Tengah. Warga diminta waspada, seiring memasuki musim hujan yang berpotensi mengakibatkan longsor susulan.

Kabag Ops Polres Wonosobo Kompol Sutomo mengatakan, peristiwa nahas itu berawal saat hujan deras mengguyur pada Minggu 25 November 2018 malam. Hujan menggerus talud pondasi jalan setinggi delapan meter dan panjang 13 meter di Dusun Majaina, Desa Pesodongan, Kecamatan Kaliwiro.

“Itu jalan kabupaten, tepat di sebelah utara rumah korban Tumin (48). Akibatnya, longsor langsung mengenai dinding rumah sehingga mengakibatkan tembok ruang tamu retak-retak,” ujar Sutomo kepada awak media, Selasa (27/11/2018).

Material longsoran yang terdiri bebatuan dan tanah itu menghantam dinding rumah korban, hingga nyaris roboh. Untuk mengantisipasi longsor susulan, warga bersama polisi hingga sore tadi masih membersihkan sisa-sisa batu yang menimpa rumah korban.

“Kapolsek Kaliwiro bersama dengan sembilan anggota melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dengan membersihkan reruntuhan batu dan tanah yang menimpa rumah korban. Kejadian bencana alam tanah longsor itu mengakibatkan korban jiwa,” tandasnya.

Dia juga mengimbau warga untuk senantiasa berhati-hati memasuki musim hujan ini. Sebab, hujan deras kerap mengikis bukit maupun talud. Selain itu pengendara juga perlu memperhatikan keselamatan terlebih bila melintas daerah rawan longsor.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3876 seconds (0.1#10.140)