Hujan Deras, Longsoran Tebing Terjang Rumah Warga Blitar

Selasa, 19 Januari 2021 - 20:38 WIB
loading...
Hujan Deras, Longsoran Tebing Terjang Rumah Warga Blitar
Petugas polisi dan TNI bersama warga bahu membahu membersihkan material longsor yang terjadi di Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Foto/Ist
A A A
BLITAR - Hujan deras yang mengguyur wilayah Desa Kalimanis, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar mengakibatkan tebing setinggi 10 meter longsor . Runtuhan material tanah bercampur batu dan kayu menimpa rumah Slamet warga lingkungan Dusun Genuk.

"Akibatnya bagian dapur dan kamar mandi rumah rusak," ujar Kasubag Humas Polres Blitar AKP Imam Subechi, Selasa (19/1/2021). Wilayah Kecamatan Doko merupakan kawasan pegunungan. Secara geografis berbatasan dengan Kabupaten Malang, terutama lereng Gunung Kawi.

Sementara sebagian wilayah lainnya berada di lereng Gunung Kelud. Doko terkenal sebagai kawasan perkebunan dan peternakan. Salah satunya kopi dan peternakan kambing. Posisi rumah Slamet berada di sebelah tebing yang menjulang tinggi. Yakni di belakang rumah.

Akibat gerusan air hujan terus menerus, tebing tersebut ambrol. "Untungnya saat kejadian rumah dalam keadaan kosong," kata Imam Subechi. Informasi yang dihimpun, saat longsor terjadi, Slamet bersama istri dan anaknya sedang berada di rumah orang tuanya.

Dalam musibah ini tidak ada korban jiwa. Petugas polri dan TNI bersama warga bahu membahu membersihkan material longsor yang menimpa rumah Slamet. "Akibat longsor kerugian material sekitar Rp3 juta," tambah Imam Subechi.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik menghimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab hujan masih terus mengguyur. "Jika hujan berlangsung lama warga hendaknya meningkatkan kewaspadaan," ujarnya.

Cholik juga mengatakan, selain wilayah Kecamatan Doko, sejumlah kecamatan lain juga masuk ke dalam zona rawan longsor. Sejumlah kecamatan tersebut diantaranya Kecamatan Wlingi, Kecamatan Kesamben, Kecamatan Bakung, Kecamatan Nglegok dan Kecamatan Bakung.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)