Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Kota Sorong Papua Barat

Selasa, 27 November 2018 - 02:53 WIB
Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Kota Sorong Papua Barat
Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Kota Sorong Papua Barat
A A A
SORONG - Dua kelompok pemuda di Kota Sorong, Papua Barat, terlibat aksi saling serang, Senin (26/11/2018) tadi malam. Bentrokan ini terjadi di Jalan Achmad Yani, Klademak III, Kota Sorong.

Belum diketahui pasti penyebab bentrokan tersebut, namun diduga kejadian tersebut dipicu akibat dendam lama yang belum diselesaikan. Kemarahan kedua kelompok warga tak dapat dihindarkan. Sejumlah lapak pedagang bensin eceran di pinggir jalan dirusak massa.

Aparat Kepolisian Polres Sorong Kota yang tiba di TKP berusaha menghalau kedua kelompok pemuda yang bertikai dengan melepaskan tembakan peringatan ke udara dan tembakan gas air mata.
Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Kota Sorong Papua Barat

Dari pantauan di lapangan, dua kelompok pemuda yang terlibat bentrok ini menggunakan batu, kayu dan senjata tajam lainnya. Untuk meredam aksi bentrok dua kelompok pemuda tersebut, aparat Polres Sorong Kota dibantu aparat TNI diterjunkan ke lokasi kejadian.

Untuk mengamankan bentrok tersebut, polisi terpaksa melepaskan tembakan peringatan ke udara beberapa kali disertai tembakan gas air mata. Tembakan peringatan dan gas air mata itu bukannya diindahkan kedua kelompok pemuda. Sebaliknya, aparat kepolisian justru diserang dengan lemparan batu dan tembakan mercon.

Tidak itu saja, massa yang brutal tak peduli dengan imbauan polisi. Bahkan satu unit sepeda motor menjadi sasaran amuk massa.

Kabag OPS Polresta Sorong AKP Eko Yusmiarto mengatakan, diduga kejadian ini dipicu akibat dendam lama yang kembali muncul dan memicu aksi saling serang antara dua kubu Pemuda dari kompleks pertokoan Yohan dan kawasan Jalan Baru Kota Sorong.

Satu unit mobil water Cannon juga diturunkan untuk menghalau kerumunan pemuda yang terus saling serang. Setelah dua jam, aparat kepolisian Polresta Sorong dan TNI berhasil mengendalikan situasi. Aparat keamanan langsung melakukan penyisiran di sepanjang Jalan Achmad Yani untuk membersihkan blokade jalan dari bebatuan dan dahan pohon yang ditaruh kedua kelompok warga yang bertikai.
Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Kota Sorong Papua Barat

Lapak pedagang Bensin eceran milik warga yang dibakar massa juga dibersihkan oleh aparat kepolisian. Hingga berita ini diturunkan, situsai Kota Sorong mulai kondusif, arus lalu lintas di jalan utama telah kembali normal. Aparat kepolisian masih disiagakan di lokasi kejadian untuk menghindari adanya bentrok susulan dari kedua kubu.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6876 seconds (0.1#10.140)