Pemkab Tapsel Gelar Bursa Inovasi Desa

Rabu, 14 November 2018 - 16:57 WIB
Pemkab Tapsel Gelar Bursa Inovasi Desa
Pemkab Tapsel Gelar Bursa Inovasi Desa
A A A
TAPANULI SELATAN - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Bursa Inovasi Desa Kabupaten Tapsel Tahun 2018 di Gedung Istana Hasadaon, Kecamatan Sayurmatinggi, Rabu (14/11/2018). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu ditandai dengan pemukulan gong.

“Perlu kita ketahui bahwa bursa inovasi desa merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa pada lingkup kabupaten khususnya Kabupaten Tapanuli Selatan,” kata Syahrul.

Syahrul mengungkapkan, bursa inovasi desa yang dilaksanakan ini bukan ajang pameran dalam bentuk barang. Namun yang dipamerkan adalah ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa,.

“Program inovasi desa merupakan salah satu bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sejalan dengan program nawa cita Presiden Joko Widodo pada butir ketiga yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka NKRI.

“Diharapkan seluruh peserta agar sungguh-sungguh mencermati berbagai kegiatan yang ditampilkan pada bursa ini. Terutama kepada para kepala desa agar dapat mereplikasi inovasi-inovasi yang disajikan,” harap Syahrul.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mhd Yusuf menambahkan, bursa Inovasi desa ini adalah untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa. Juga untuk mencari solusi terhadap penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5445 seconds (0.1#10.140)