16 Ribu Jiwa Mengungsi Akibat Gempa Mamasa, Siaga Darurat Ditetapkan

Jum'at, 09 November 2018 - 19:59 WIB
16 Ribu Jiwa Mengungsi Akibat Gempa Mamasa, Siaga Darurat Ditetapkan
16 Ribu Jiwa Mengungsi Akibat Gempa Mamasa, Siaga Darurat Ditetapkan
A A A
MAMASA - Gempa yang terus mengguncang Kabupaten Mamasa sejak tiga hari terakhir membuat sejumlah warga panik dan mengungsi. Hingga kini tercatat hampir 16.000 jiwa telah mengungsi di berbagai lokasi pascagempa Mamasa.

Pemerintah Kabupaten Mamasa pun mengelar rapat koordinasi untuk penanganan pengungsi yang semakin bertambah. Pemda menetapkan kondisi siaga darurat mulai 7 hingga 14 November 2018.

Bahkan kurang lebih 2.000 warga telah meninggalkan Mamasa dan memilih eksodus ke kabupaten tetangga. Sedangkan kurang 6.000 warga mengungsi ke berbagai kecamatan yakni Balla, Tandukkkalua, Sumarorong, dan juga Messawa.

Ribuan warga ini terpaksa mengungsi karena trauma dan panik akibat gempa yang terus terjadi termasuk terprovokasi isu –isu hoax yang beredar luas di masyarakat membuat panik warga hingga mengungsi.

Untuk penanganan ribuan pengungsi pihak pemerintah daerah langsung melakukan rapat kordinasi dengan dengan sejumlah instansi terkait untuk segera menangani pengungsi yang hari ini semakin bertambah.

Berdasarkan informasi BMKG Makassar gempa tersebut tidak sama dengan kekuatan Gempa Palu, kekuatan gempa di Mamasa sudah terbagi bagi.

Sehingga diprediksi gempa yang terus menerus terjadi tidak akan menimbulkan kekuatan yang lebih besar lagi namun diimbau masyarakat agar tetap waspada.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5008 seconds (0.1#10.140)