Program Inovasi Desa, Sukseskan Nawa Jiwa

Rabu, 26 September 2018 - 21:40 WIB
Program Inovasi Desa, Sukseskan Nawa Jiwa
Program Inovasi Desa, Sukseskan Nawa Jiwa
A A A
PASANGKAYU - Salah satu upaya pembangunan di desa diharapkan dilakukan melalui program-program inovasi yang menumbuhkembangkan potensi desa. Baik dari sektor pertanian, pariwisata, kelautan, dan lain sebagainya.

Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Arhamuddin, dalam forum sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa, Rabu (26/9/2018) mengatakan, program inovasi dengan mengembangkan produk-produk unggulan di desa, pada akhirnya dapat mencipatkan kemandirian ekonomi desa.

"Program inovasi desa mesti tetap sejalan dengan dengan program preoritas Pemkab Pasangkayu, sebagaimana tertuang dalam Nawa Jiwa (sembilan program unggulan). Juga harus tetap searah dengan program preoritas Provinsi dan Nasional," kata dia.

Arhamuddin menambahkan, pihaknya mengarahkan program inovasi desa tetap sinkron dengan program prioritas kabupaten atau Nawa Jiwa, prioritas provinsi yang tertuang dalam program Maju dan Malaqbi, serta program prioritas nasional yang tertuang dalam Nawa Cita.

"Dalam Nawa Jiwa terdapat beberapa program yang bisa disinkronkan dengan program unggulan di desa, seperti program satu desa satu pengusaha, program kampung pendidikan, program kampung KB, program Da’a Smart (program kesehatan untuk wilayah terpencil), program kampung pedas, serta beberapa program yang berbasis desa lainnya.

Sementara untuk tingkat provinsi terdapat program konektifitas antar wilayah berbasis unggulan strategis, dan ditingkat nasional terdapat program membangun Indonesia dari pinggiran.

“Dengan demikian arah pembangunan dari tingkat nasional hingga tingkat desa tetap sejalan” pungkasnya.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5260 seconds (0.1#10.140)