Ratusan Kambing Etawa Ramaikan Open Kontes Piala Raja

Minggu, 23 September 2018 - 19:45 WIB
Ratusan Kambing Etawa Ramaikan Open Kontes Piala Raja
Ratusan Kambing Etawa Ramaikan Open Kontes Piala Raja
A A A
SLEMAN - Ratusan ekor kambing peranakan etawa (PE) dari berbagai daerah di Pulau Jawa meramaikan Open Kontes Kambing Kaligesing Piala Raja 2018 di Desa Wisata Nganggring, Girikerto, Turi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (23/9/2018). Event nasional yang diselenggarakan Perkumpulan Peternak Kambing Kaligesing Nasional (Perkanas) bersama Bank Indonesia dan Kelompok Tani Mandiri Nganggring ini melombakan empat kategori atau kelas, yaitu A, B, C dan D.

Kategori A diperuntukkan bagi Kambing Kaligesing yang telah tanggal (poel) giginya minimal enam buah dan tidak ada batasan tinggi, baik jantan maupun betina. Kategori B sama namun minimal gigi poel 1-2,5 buah. Kategori C dan D diperuntukkan bagi kambing yang belum poel dengan tinggi badan jantan minimal 76 cm, betina 71 cm (kategori C) dan tinggi badan jantan minimal 75 cm, betina 70 cm (kategori D).

Koordinator kegiatan Eko Citra Efa mengatakan ada 11 parameter penilaian dalam kontes ini. Di antaranya kepala, tanduk, telinga, leher, postur, ekor, kaki, dan bulu. "Kambing Kaligesing yang baik telinganya melipat simetris menghadap ke depan, muka melengkung dan dagu nyadil. Penulaian juga dilakukan pada warna, postur dan lain-lain," kata Eko di sela acara.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengatakan kambing Kaligesing bukan hanya memiliki ciri khas yang tidak dimiliki kambing galur lainnya, tapi juga mempunyai keunggulan daya adaptasi, produksi dan reproduksi yang tinggi. Karena itu keberadaanya perlu dijaga dan dilestarikan.

"Untuk itu melalui kegiatan kontes ini diharapkan dapat memotivasi peternak dan petani untuk membudidayakan Kambing Kaligesing. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pelestarian sumberdaya genetik," kata Sultan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Pertanian DIY, Sasongko.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan kambing Kaligesing merupakan komoditas ternak unggulan di Turi yang dimanfaatkan susunya untuk diproses menjadi berbagai produk olahan. Seperti susu bubuk, permen dan produk olahan lainnya.

"Melalui penyelenggaraan even ini kami (Pemkab Sleman) berkomitmen mendukung upaya pengembangan dan pelestarian Kambing Kaligesing di wilayah Sleman," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5932 seconds (0.1#10.140)
pixels