Kemarau, Air Waduk Darma Kuningan Menyusut hingga 10 Meter

Sabtu, 01 September 2018 - 09:24 WIB
Kemarau, Air Waduk Darma Kuningan Menyusut hingga 10 Meter
Kemarau, Air Waduk Darma Kuningan Menyusut hingga 10 Meter
A A A
KUNINGAN - Musim kemarau yang sudah berlangsung tiga bulan lebih membuat debit air Waduk Darma Kuningan, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018) pagi menyusut hingga 10 meter. Kondisi ini cukup mengkhawatirkan karena Waduk Darma merupakan sumber air untuk mengairi areal persawahan di Kabupaten Kuningan dan Cirebon.

Dalam kondisi normal, volume air Waduk Darma sebanyak 36 juta meter kubik. Namun setelah kekeringan selama tiga bulan volume air berkurang hingga 15 juta meter kubik. Penurunan volume air yang cukup tinggi disebabkan permintaan masyarakat meningkat selama musim kemarau untuk mengairi areal persawahan. Selain itu, air Waduk Darma juga dimanfaatkan untuk para pelanggan air minum PDAM di wilayah Kabupaten Kuningan.

“Saat ini volume air Waduk Darma sebanyak 21 juta meter kubik. Surut 15 juta meter kubik dari volume normal 36 juta meter kubik,” kata penjaga pintu air Waduk Darma, ASep Sopani, Sabtu (1/9/2018).

Somad, warga sekitar Waduk Darma menambahkan, dari pengamatannya, Waduk Darma mengalirkan air 2-3 meter kubik per hari untuk kebutuhan saluran irigasi di wilayah Kuningan dan Cirebon. Diperkirakan air waduk susut 7 centimeter per hari.

“Kami berharap pemerintah turun tangan menangani permasalahan Waduk Darma yang terus menyusut airnya,” kata Somad.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4137 seconds (0.1#10.140)