Potensi Pariwisata Kabupaten Jayapura Sangat Menjanjikan

Kamis, 30 Agustus 2018 - 10:20 WIB
Potensi Pariwisata Kabupaten Jayapura Sangat Menjanjikan
Potensi Pariwisata Kabupaten Jayapura Sangat Menjanjikan
A A A
Jayapura merupakan Kabupaten yang berada di paling timur di Indonesia dan merupakan pintu gerbang Provinsi Papua ini memiliki sejumlah keunggulan yang cukup potensial dan diperhitungkan baik dari sektor pariwisata, industri, pertanian, maupun perkebunan.

Jumlah penduduk Kabupaten Jayapura tahun 2016 berdasarkan laporan dari BPS Kabupaten Jayapura sebanyak 123.780 jiwa dengan laju pertumbuhan penduduk 2015- 2016 sebesar 1,95 persen. dengan luas wilayah ± 17.514 Km2 yang terbagi dalam 19 Distrik 139 Kampung dan 5 Kelurahan.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mengungkapkan, Jika dilihat dari sektor perkebunan produk unggulannya adalah tanaman Kakao dan Kelapa. Ada pun hasil dari sektor pertanian yang cukup potensial adalah Jagung, Ubi Kayu dan Singkong.

”Saat ini kita sedang mempromosikan pariwisata sebagai unggulan daerah, karena di Kabupaten Jayapura terdapat banyak sekali potensi-potensi destinasi yang harus dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ada wisata alam dan budaya yang cukup memiliki nilai tambah yang bisa dibilang bagus dan tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata lainnya di nusantara,”ungkap Mathius.

Bicara mengenai potensi ekonomi, Kabupaten Jayapura merupakan salah satu gerbang lalu lintas manusia di Papua. Dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata dalam beberapa tahun terakhir sebesar 10,67 berada di atas rata-rata Provinsi Papua (RPJMD, 2013-2017), ditambah dengan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mendekati IPM Indonesia, Kabupaten Jayapura memiliki potensi pembangunan di masa depan.

Potensi bisnis yang dimiliki oleh kabupaten tersebut, antara lain pada sektor infrastruktur, pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan, dan pertambangan. Tahun 2015, bahkan menjadi kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Papua, yaitu sebesar 11.74%.

”Kabupaten Jayapura memiliki Pelabuhan Depapre, Kawasan Industri Bongkrang, Bandara Sentani yang sedang dalam pengembangan, Kawasan Industri Waibron dan Kawasan Industri Maribu yang menjadi titiktitik wilayah pengembangan ekonomi.

Selain itu, kabupaten ini juga memiliki Pantai Bukisi, Pantai Tablanusu, Pantai Harlem, dan Danau Sentani termasuk danau Love yang penuh pesona, sehingga dapat dijadikan modal yang kuat untuk pengembangan pariwisata,” ucap Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.

Wilayah kabupaten Jayapura sangat berpotensi dan bila dikembangkan sangat berdampak bagi perekonomian Indonesia umumnya dan khususnya Provinsi Papua, namun perlu ditambah lagi bidang-bidang infrastrukturnya sehingga dapat menjadi wadah untuk dapat berkembang dengan baik.

Sektor Wisata

Wilayah Kabupaten Jayapura sudah lama dikenal sebagai daerah yang sangat kaya. Baik dari sumber daya alam, khususnya pertambangan maupun keelokan alamnya yang terkenal hingga mancanegara. Hal itu sangat disadari oleh pemerintah Indonesia termasuk pemerintah kabupaten Jayapura sendiri.

Berbagai pembenahan dan peningkatan berbagai sektor pun terus dilakukan, terutama dalam bidang industri dan pariwisata. Pemerintah sangat menyadari bahwa potensi alam untuk pariwisata sangat besar.

Kalau mengandalkan tambang saja, tentu suatu hari nanti akan habis, tetapi kalau mengandalkan keindahaan alam dan kebudayaan, tidak akan habis.

Oleh karena itu saat ini pemerintah setempat lebih memfokuskan pembenahan pada sektor pariwisata. Beberapa sektor pariwisata yang menjadi andalan di antaranya kehidupan warga asli Jayapura dan keindahan alamnya.

Untuk itu, Pemkab Jayapura serius menggarap penataan kota Sentani dan tata ruang serta insfrastruktur supaya menjadi wilayah yang rapih dan tertata baik supaya para wisatawan merasa nyaman ketika datang ke Jayapura.

Langkah perbaikan yang terus dilakukan antara lain adalah pengembangan Bandara Sentani yang menjadi pintu utama untuk memasuki Papua.

Bandara ini menjadi pusat menuju semua wilayah di Papua. Selain itu, pemerintah juga sedang dalam proses menyiapkan pelabuhan internasional supaya kapalkapal pesiar bisa mendarat di sana.

Beberapa potensi dan kegiata wisata yang menjadi andalan diantaranya, setiap tahun menggelar festival Danau Sentani pada bulan Juni. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan sudah banyak dikenal dalam kalender pariwisata.

Optimis Pariwisata Berkembang

Meskipun masih merintis bidang pariwisata, Bupati Jayapura, Ma thius Awoitauw, optimis jika pariwisata Papua, khususnya Kabupaten Jayapura bisa terus berkembang. Menurut dia, tiga wilayah yang saat ini cukup ramai dikunjungi wisatawan adalah Jayapura, Wamena, dan juga Asmat.

Ketiga lokasi tersebut juga diakui Matius memiliki kekhususan masing-masing. Jayapura sebagai gerbang masuk ke Papua membuat kabupaten ini ramai dikunjungi wisatawan, baik untuk singgah maupun berwisata.

Sementara Asmat dikenal dengan patung-patung ukirannya yang unik. Wamena juga cukup dikenal terlebih dengan seringnya festival yang digelar di distrik ini.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6238 seconds (0.1#10.140)