Sebagian Warga Medan Sudah Salat Idul Adha

Selasa, 21 Agustus 2018 - 18:45 WIB
Sebagian Warga Medan Sudah Salat Idul Adha
Sebagian Warga Medan Sudah Salat Idul Adha
A A A
MEDAN - Sebagian masyarakat Muslim di Kota Medan melaksanakan Salat I’d Idul Adha 1439 Hijriah di halaman Kampus Institut Teknologi Medan (ITM), Selasa (21/8/2018).

Salat I'd diselenggarakan oleh LDK Al Iqra ITM, Majelis Kajian Islam Kaffah, dan Lembaga Studi Islam Multi Dimensi Medan. Pengurus Kajian Islam Kaffah, Tommi Abdillah mengatakan, pelaksanaan Salat I'd lebih awal dari pemerintah karena adanya ikhtilaf (perbedaan pendapat) para ulama terkait penetapan Hari Raya Idul Adha dengan menggunakan rukyatul hilal matlak secara lokal.

"Sebagian ulama berpendapat kita bisa menunaikan ibadah puasa Arafah sesuai lokal yang ada di tempatnya," terang Tommi.

Dalam puasa Arafah tepat 9 Dzulhijjah mereka juga menggunakan metode melihat anak bulan Ayau Rukyatul Hilal. "Tapi, ada dalil khusus dan ini yang kami ikuti yang juga diikuti sebagian besar kaum Muslimin dan ulama di dunia," ujarnya.

Ada sebuah hadis dari Imam Abu Daud dan dari Husain Al Haris Al Jadali mengatakan, amir penguasa Makkah pada saat itu berkhotbah, Rasulullah SAW berpesan agar kami menunaikan ibadah haji sesuai dengan rukyatul hilal di Kota Makkah.

"Bila kami tidak melihat Rukyatul Hilal anak bulan di Makkah tetap ada 2 orang adil di luar Kota Makkah, maka kami akan mengikuti 2 orang di luar Kota Makkah dan kami akan melaksanakan ibadah haji," ungkapnya.

Hadis tersebut menjadi penunjuk otoritas yang menetapkan ibadah haji yang ada di Haramain Makkah Mukartamah itu terjadi dari masa lalu hingga hari ini. "Tapi walaupun demikian ini masuk dalam Ikhtilaf. Kita menghargai dan menghormati pendapat sebagian kaum muslimin yang melaksanakan ibadah Salat I'd besok hari," pungkasnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4925 seconds (0.1#10.140)