Tingkatkan Pelayanan, BPP Aruta Dipasang Listrik Tenaga Surya

Selasa, 14 Agustus 2018 - 08:09 WIB
Tingkatkan Pelayanan, BPP Aruta Dipasang Listrik Tenaga Surya
Tingkatkan Pelayanan, BPP Aruta Dipasang Listrik Tenaga Surya
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Arut Utara (Aruta), Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, melakukan pengadaan listrik tenaga surya. Pemasangan instalasi listrik tenaga surya dengan kapasitas solar panel MSP-200 watt dan power inventer 500 watt yang dialokasikan melalui APBD itu dilakukan pada Kamis 9 Agustus 2018.

Kepala Sub Bagian UKP DTPHP Nunik Supartini mengatakan, lampu tenaga surya ini diharapkan bisa membantu memperlancar pekerjaan, khususnya penyuluh di kantor BPP Aruta. Selain itu dengan penggunaan sistem tenaga surya, akan diperoleh keuntungan lainnya, mengingat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) merupakan energi terbarukan yang tidak pernah habis.

“Selain menghemat listrik dalam jangka panjang juga dapat mengurangi pemanasan global, bersih dan ramah lingkungan. Selain itu, praktis dalam perawatan, umur panel surya yang panjang, tidak tergantung dengan PLN, dan sangat cocok untuk daerah-daerah pelosok seperti Kecamatan Aruta,” ujar Nunik di ruang kerjanya, Selasa (14/8/2018).

Nunik menambahkan, DTPHP berkomitmen memberikan perhatian khusus kepada kantor-kantor yang jauh dan terpencil, yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan listrik PLN karena kondisi geografis dengan pengadaan PLTS ini. “Sehingga semua pegawai bisa bekerja dengan maksimal,” sebutnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0007 seconds (0.1#10.140)